Manfaat dan Bahaya Buah Kluwek


Jika Anda menonton acara Nature Life episode 06 Maret 2012 yang membahas mengenai manfaat buah kluwek, mungkin diantara Anda sudah ada  yang tahu bahkan mungkin diantara Anda juga ada yang belum mengetahui manfaat buah ini.

Pohon Kluwek atau orang Sunda memanggilnya tangkal picung (tangkal = pohon, picung = kluwek) atau dalam bahasa lain kepayang, kepahiang, , kluwak, keluak, atau kluak, panarassan ( dalam bahasa ilmiah Pangium edule Reinw. ex Blume, suku Achariaceae, dulu dimasukkan dalam Flacourtiaceae) adalah pohon yang tumbuh liar atau setengah liar (sengaja ditanam) .

Biji kluwek sering dipakai sebagai bumbu dapur, namun hati-hati biji kluwek sangat beracun jika dikonsumsi secara mentah karena mengandung asam sianida dalam konsentrasi  tinggi. Efek samping memakan biji kluwek mentah adalah pusing (mabuk & muntah). Biji kluwek juga sering dipakai sebagai racun untuk mata panah. Biji Kluwek aman dikonsumsi jika sudah direbus dan direndam terlebih dahulu.

Pohon Kluwek rata-rata memiliki tinggi 40 meter dengan diameter batang 2,5 meter dan tumbuh liar di daerah yang memiliki permukaan tanah  1000m dpl (diatas permukaan laut), Uniknya, kluwek merupakan khas vegetasi dari  Indonesia, jadi apabila di luar negeri Anda menemukan pohon kluwek, kemungkinan itu adalah tumbuhan ekspor dari negara kita.

MANFAAT POHON KLUWEK :

  • Kayunya digunakan untuk membuat batang korekapi.
  • Daunnya sebagai obat cacing.
  • Bijinya sebagai antiseptik.
  • Bijinya dihaluskan dapat menghilangkan kutu pada kerbau.
  • Biji keluwek dapat dibuat minyak sebagai pengganti minyak kelapa.

Kluwek bisa dugunakan sebagai pengawet ikan: untuk 50 kg tangkapan ikan, digunakan 1 kg biji kluwek yang telah dicacah dan dicampur garam sebanyak 1 kg, campuran dilumurkan pada hasil tangkapan, dan disimpan dalam ember plastik tertutup. Asam sianida pada biji kluwak akan mengawetkan ikan selama 6 hari, setiap hari dibuka selama 5 menit untuk menguapkan sianidanya.

KANDUNGAN KIMIA PADA BIJI KLUWEK:

  • Vitamin C
  • Ion besi
  • Betakaroten
  • Asam sianida (sifatnya beracun, mudah menguap pada suhu 26 derajat Celcius, bila terhirup binatang ternak dapat mengakibatkan kematian, aman untuk pengawetan ikan).
  • Asam hidnokarpat.
  • Asam khaulmograt.
  • Asam glorat.
  • Tanin (sebagai pengawet ikan)

Buah kluwek biasanya dibiarkan basah berhari-hari oleh pemiliknya. Buah-buah tersebut dibiarkan matang dan jatuh sendiri kemudian dikumpulkan dalam satu karung. Buah sengaja dibiarkan basah oleh air hujan hingga dalam waktu 10 s/d 14 hari buah kluwek ini akan membusuk.Tujuannya supaya kulit atau sabutnya lebih mudah dikupas dan menghilangkan racun asam sianida yang terdapat pada biji kluwek. Setelah dikupas, akan didapatkan kulit yang keras seperti batok kelapa yang berisi daging berwarna putih. Daging inilah yang digunakan sebagai bumbu masak. Namun pada umumnya kluwek yang digunakan untuk memasak adalah kluwek berwarna hitam. Untuk membuatnya hitam, maka kluwek perlu diproses kembali agar didapat warna hitam. Di bawah ini ada beberapa cara supaya hasil keluwek bisa berwarna hitam:

  • Ambil biji kluwek sebanyak 20 biji, cuci, rebus selama 1 jam, keringkan. Ambil wadah tertutup, letakkan abu sekam di dasar wadah, letakkan kluwek, dan tutup kembali dengan abu sekam hingga seluruh permukaan tertutup abu. Diamkan selama 15 hari, bersihkan, kluwek siap digunakan.
  • Biji kluwek dicuci bersih, direbus selama beberapa jam, didinginkan, di letakkan dalam lubang tanah yang ditutup tanah dan daun pisang selama 40 hari. Keluarkan dan bersihkan, akan diperoleh biji kluwek kecoklatan siap pakai.

TIPS MEMILIH KLUWEK DI PASAE:

  • Pilih yang batoknya tidak berjamur.
  • Kocok-kocok, ambil bila terasa berat dan koplok biasanya daging buahnya bagus dan berwarna hitam.
  • Apabila tidak menemukan yang koplok, minta izin penjualnya untuk pecahkan satu dan lihat isinya.
  • Daging buah yang bagus berwarna hitam pekat, jangan ambil bila berwarna kelabu atau berjamur, karena itu kluwek yang sudah kadaluwarsa. Kalau dagingnya agak putih, berarti kluweknya masih muda.
  • Pada waktu akan digunakan, pecahkan batoknya dengan ulekan batu atau martil.
  • Ambil sedikit dagingnya dengan sendok teh, cicipi, kalau pahit jangan digunakan.
  • Walau kluwek yang bagus bentuknya bulat seperti bentuk batoknya dan utuh, tapi kalau dapat yang sudah mengering dan menempel pada batoknya tidak apa-apa, asalkan tetap berwarna hitam pekat dan tidak pahit. Masih bisa dipakai, asal direndam dulu dengan air panas.

Jika Anda menonton Nature Life episode 06 maret 2012 kemarin mungkin Anda melihat mas Tjok Gde membuat nasi kluwek, ternyata gampang juga ya membuat nasi kluwek ini :

Bahan :
350 gr beras
450 ml santan dari ½ btr kelapa
3 bh kluwek ambil isinya, rendam dalam air panas
1 ½ sdt ketumbar bubuk
2 lbr daun salam
1 btg serai memarkan
1 sdt air asam jawa
2 sdm minyak goreng
1 sdt garam

Bumbu halus :
3 bh cabai merah
6 bh bawang merah
3 siung bawang putih

Cara membuat :
1. Haluskan kluwek, sisihkan. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan ketumbar, daun salam dan serai, aduk rata.
2. Masukkan kluwek, aduk hingga matang, tambahkan beras, aduk rata.
3. Tuang santan, garam dan air asam, ratakan, lalu diamkan sampai santan terserap.
4. Lalu kukus sampai matang, angkat,sajikan hangat dengan pelengkap.

Semoga artikel kali ini bermanfaat🙂.

Sumber: http://livebeta.kaskus.us/thread/000000000000000005517149/

4 thoughts on “Manfaat dan Bahaya Buah Kluwek

  1. pangi berkata:

    kluwek,pangi,pamarrasan di toraja merupakan salasatu ciri has masakan tradisional.Istilahnya semakin dalam semakin enak.pertama daging kulitnya diiris tipis untuk dibuat sayur,paling enak kalau dikeringkan dulu. kedua daging pembungkus biji, dipukul-pukul pake kayu yang permukaannya mulus ukuran kurang lebih 30x5x5 cm dengan lembut agar daging tidak hancur.setelah proses itu dagingnya akan keluar sendiri, ini juga dibikin sayur boleh langsung dimasak, bisa juga dikeringkan. ini lebih lezat dari daging kulit buah.yang ketiga adalah isi dari biji, inilah bagian dari pangi yang sangat beracun, tapi kalau tahu cara pengelolaanya ini pula bagian yang paling lezat dari buah pangi.cara pengelolaannya yaitu, belah bijinya jemur satu atau dua hari. hal ini dilakukan agar mudah dikeluarkan dari batoknya.seudah itu dijemur lagi beberapa hari, sampai berwarna hitam kecoklatan.selanjutnya ditumbuk di lesung batu sampai hancur.tidak perlu sampai halus.kemudian ditaruh diwana dan dijemur sampai warnanya betul-betul hitam.kemudian ditumbuk lagi sampai halus, dijemur lagi satu hari .setelah itu jadilah pamarrasan yg siap digunakan untuk bumbu masakan. paling cocok untuk ikan,daging , kulit buahnya dan kulit bijinya yang sudah kering.

  2. irene berkata:

    Halo, nama saya Irene dari irenesgettingfat.blogspot.com.
    Saya ingin minta ijin untuk menggunakan foto buah kluwek anda di blog saya, saya akan me-link ke blog anda dan full credit. Terima kasih banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s