Obat Herbal Jukut Pait, Antiseptict Tradisional


pagi-pagi sekali disaat akan berangkat kerja, tidak jauh beberpa meter didepan banyak anak remaja yang berkerumun, dan sempat membuat kaget. “Ada apa ini?!” pikirku, lalu kudekati mereka dengan hati-hati karena takutnya sedang ada keributan, maklum jaman sekarang kan memang lagi musim anak-anak remaja gontok-gontokkan.

“Oh syukurlah!” ternyata bukan, tapi anak-anak remaja ini sedang menolong dua anak kecil  yang terjatuh dari sepedah, dan salah satu anak itu adalah keponakanku “waduh!!”.

Langsung aku dekati keponakanku itu, karena takut ada apa-apa. Dan ternyata memang benar kaki keponakanku lecet dan berdarah karena katanya ketika terjatuh kakinya masuk kedalam jari-jari sepeda. Sontak naluri untuk mencari Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) tertuju pada Jukut Pait (rumput  pahit).

 

Tidak susah memang mencari jukut pahit di tempatku, karena di pinggiran  jalan masih banyak sekali rumput-rumput liar. Setelah mendapatkan jukut pahit, langsung aku kunyah (lepeh) dan aku balurkan kepada luka keponakanku, tentu saja dia meringis kesakitan karena jika luka terkena jukut pahit rasanya memang perih sekali. Aku tiup-tiup luka yang sudah dibaluri jukut pahit tersebut, dan berangsur-angsur rasa perih mungkin menghilang. Ya begitulah “Jukup pahit” jika balurannya kering biasanya rasa perihnya juga hilang.

Pengalaman menggunakan jukut pahit ini memang pernah kualami sendiri waktu kecil, dimana waktu itu tangan kelingkingku tersabet arit (cerulit) ketika sedang memangkas rumput dikala Gotong-Royong, rasa sakit itu masih terasa hingga sekarang, bahkan luka-nya masih terlihat hingga saat ini.

Kelingkingku hampir putus waktu itu, namun cepat-cepat orang tuaku mengambil jukut pahit, lalu mengunyahnya dan membalurkan kepada lukaku dan membalutnya dengan kain bersih. Perih sekali, sampai-sampai hampir pingsan menahan perihnya terkena baluran jukut pahit, namun Alhamdulillah, besoknya luka di kelingkingku kering dan berangsur-angsur membaik.

Kok, jadi curhat ya😀, Kembali lagi ke pokok cerita!

Setelah luka keponakanku itu dibaluri jukut pahit, lalu kuantar pulang ke rumahnya dan disana baru luka lecet tersebut dibersihkan dengan air panas (karena takut ada infeksi) lalu diobati dengan betadine. Selang sehari, luka-luka tersebut sudah kering dan keponakanku sudah bisa main sepeda-sepedaan seperti biasa, nggak ada kapoknya he….!

Itulah manfaat jukut pait atau rumput pahit, mungkin banyak disekitar kita namun kita tidak sadar bahwa tumbuhan ini memiliki manfaat.

Kredit gambar : http://www.tropicalforages.info

5 thoughts on “Obat Herbal Jukut Pait, Antiseptict Tradisional

    • WM berkata:

      tumbuhan ini tumbuh di tempat tropis diantara rumput-rumput liar..kayaknya di Sulawesi juga ada hanya saja mungkin beda nama ya Gan..😀

  1. ali berkata:

    jadi penasaran, kayak apa sih tumbuhan jakut itu, bisa nggak dikasih gambarnya
    trus manfaatnya apa lagi?

    • WM berkata:

      jukut pahit atau rumput pahit (B.Indonesia) banyak sekali tumbuh di sekitar kita, Anda bisa lihat gambarnya diatas…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s