Resep Bubur Sumsum Spesial


Jika pagi datang, seneng rasanya bila istri saya membuatkan bubur sumsum, apalagi bubur sumsum buatan istri  saya itu  enak pisan! He😀.

Namun terkadang kita hanya tahu makannya saja tanpa tahu bagaimana cara mengolahnya, itupun terjadi kepada saya hingga akhirnya saya tersadar, gimana sih cara membuat bubur sumsum? Tanpa panjang lebar istri saya memberikan resep bubur sumsum yang maknyus.

Resep Bahan untuk Bubur :

  • 3 lembar daun pandan, sobek-sobek, buat simpul
  • 650 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 100 gram tepung beras
  • Setengah(1/2) sendok teh garam

Resep Bahan Sirop Gula Merah/Kinca Bubur Sumsum:

  • 100 ml air
  • 200 gram gula merah,  diiris halus
  • 2 lembar daun pandan, di buat simpul

Setelah bahan diatas siap… Terlebih dahulu kita membuat  :

Cara Membuat Sirop gula merah/kinca.

  1. campur semua bahan sirop,
  2. rebus sampai kental,
  3. kemudian saring.
  4. Sisihkan.

Sekarang bagian terpenting

Cara Membuat bubur sumsum :

  1. Campur tepung dan garam dengan sebagian santan.
  2. Dengan api sedang dan diaduk-aduk, didihkan sisa santan dengan daun pandan. Tuangkan cairan tepung, aduk sampai kental dan matang.
  3. Hidangkan dengan sirop gula merah secukupnya

Dan bubur sumsum sudah bisa dihidangkan…

Wah, makasih ya Istriku, yang selama ini kau telah membuatkan bubur sumsum untukku, tapi ada manfaatnya gak ya bubur sumsum itu?

Wah ternyata eh ternyata bubur sumsum dalam budaya suku Jawa memilik arti kekuatan tubuh, dan bubur sumsum ini emang sering digunakan untuk uparaca selamatan hingga zaman sekarang ini.

Dilihat dari bahan-bahannya pun memang tidak ada kandungan kimia artinya bubur sum-sum ini baik dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk anak kecil.

Selamat mencoba !

One thought on “Resep Bubur Sumsum Spesial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s