Kopi Dapat Mencegah Stroke


Minum dua cangkir kopi setiap hari ternyata bisa menurunkan risiko terkena stroke. Jika sebelumnya dikatakan bahwa kopi mengandung zat yang dapat meningkatkan gejala stroke, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Karolinska Institute, Stockholm, Swedia, ternyata menunjukkan hal sebaliknya. Minum kopi ternyata dapat menjadi faktor pencegah terjadinya penyakit pembunuh nomor satu di Inggris ini.

Penelitian melibatkan hampir 500 ribu orang dengan jangka waktu yang cukup lama, yaitu dari pertengahan 1960-an sampai 2011. Hasil yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa mereka yang minum dua cangkir sehari punya kemungkinan 14 persen lebih kecil untuk menderita gejala pembekuan darah di otak. Sedangkan jika minum 3-4 cangkir sehari malah dapat mengurangi bahaya tersebut sebesar 17 persen, seperti dilansir oleh Daily Mail.

Tapi, jangan gembira dulu untuk pecandu kopi yang minum lebih dari 6 cangkir setiap harinya. Mengonsumsi lebih dari itu malah akan menurunkan faktor pencegah terkena stroke menjadi hanya 7% saja. Kuncinya, ternyata ada pada antioksidan yang terkandung di dalam kopi. Senyawa antioksidan ini ditengarai dapat melindungi pembuluh darah di otak dari kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol ‘jahat’.

Sumber : Vivanews.com

2 thoughts on “Kopi Dapat Mencegah Stroke

  1. Restsindo - hty berkata:

    Ya …… kandungan kafein memang bereaksi terhadap pembuluh darah menjadi membesar sehingga peredaran darah sedikit lebih lancar. Dengan pembesaran pembuluh darah maka aliran darah ke seluruh tubuh semakin lancar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s