PONSEL DAN KESEHATAN


Ponsel

sumber gambar : ervakurniawan.wordpress.com

Salah satu pemandangan paling umum yang kita lihat hari ini, adalah orang dengan Ponsel ditelinga mereka. Sebuah keuntungan bagi komunikasi yang lebih baik, namun tahukah Anda bahwa menggunakan Ponsel memiliki banyak bahaya untuk kesehatan?. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa emisi dari Ponsel sangat berbahaya, dapat menyebabkan kerusakan genetik, tumor, kehilangan memori, dan meningkatkan tekanan darah juga melemahnya sistem kekebalan tubuh Ini adalah informasi yang mengkhawatirkan, dan kita harus memperhitungkan faktor-faktor ini.🙂

ANTARA PONSEL  DAN KESEHATAN

Meskipun tidak ada bukti bahwa Ponsel adalah penyebab kanker atau penyakit penyakit lainnya, namun kita harus tetap hati-hati, tapi jangan jadi paranoid ya, karena saya memiliki beberapa tips agar Anda terhindar dari masalah ini.

Menurut salah satu pemilik perusahaan Ponsel terbesar (maaf tidak saya sebutkan😀 ) “Radiasi elektromagnetik dari Ponsel tidak memiliki potensi menyebabkan kanker.” Namun kenyataannya, radiasi dapat dilihat, tidak berwujud, dan keluar-masuk tubuh kita tanpa sepengetahuan kita, apakah Anda tidak takut dengan hal seperti itu?.

Kemungkinan bahaya:

  • Paparan emisi selama dua menit dari Ponsel dapat menonaktifkan penghalang dalam darah sehingga menyebabkan protein dan racun bocor ke otak, ini dapat meningkatkan pengembangan multiple sclerosis Alzheimer dan Parkinson. (Para ilmuwan dari Universitas Lund Swedia)
  • Para ilmuwan mengatakan “eksposur pada telepon pada radiasi tingkat rendah dapat menyebabkan sel darah merah mengalami kebocoran hemoglobin hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung dan batu ginjal.”
  • Studi baru-baru ini menunjukkan hubungan antara penggunaan telepon seluler dan tumor otak, bahkan gelombang mikro kemungkinan besar bisa membakar minyak bensin di pombe nsin (makanya kalau ke pom bensin suka ada gambar Ponsel yang di cakra yang artinya “matikan telepon genggam Anda”.
  • Sebuah unit Ponsel , atau menara komunikasi, telah begitu banyak meradiasi Anda melalui Ponsel yang Anda pegang . Hal ini dapat menjadi masalah bagi lingkungan disekitarnya.

KEKHAWATIRAN MASALAH KESEHATAN DI WILAYAH PASIFIK

Karena di wilayah Pasifik kebanyakan adalah negara berkembang, sehingga pemakaian Ponsel tidak terkontrol, hampir setiap orang memiliki Ponsel bahkan anak kecil yang belum mengerti-pun sudah dibelikan Ponsel oleh orang tuanya, hal ini menjadi salah satu kekhawatiran untuk para pemerhati kesehatan dunia.

Untuk itu para ilmuwan melakukan percobaan-percobaan sehingga mendapatkan beberapa kemungkinan yang disebabkan dari Ponsel, berikut penyakit yang dapat diderita karena menggunakan Ponsel:

Kanker / Tumor

Studi telah membuktikan bahwa tikus yang telah terkena gelombang mikro yang serupa dengan jenis yang dihasilkan oleh Ponsel tapi sedikit lebih kuat, menunjukkan kerusakan dalam DNA mereka, ini menunjukkan bahwa efek dari gelombang mikro ini merugikan. Selain itu, tikus yang terkena radiasi selama 18 bulan terserang tumor otak. Walaupun demikian, tentu saja studi-studi ini tidak tidak bisa menjadi pegangan.

Tekanan Darah Tinggi

Katanya, orang yang menggunakan Ponsel rentan terhadap tekanan darah tinggi. Sekali lagi, belum ada pembuktian secara ilmiah dalam hal ini.

Kehamilan

Sebuah studi di University of Montpellier di Perancis dilakukan pada 6000 embrio ayam dan mendapatkan bahwa telur ayam yang terkena eksposur memiliki berat lima kali lebih rendah dan kemungkinan berhasil menetas sangat kecil. Penelitian ini mengangkat pertanyaan tentang kemungkinan efek dari Ponsel pada wanita hamil namun belum muncul tinjauan kembali dalam literatur ilmiah, sehingga temuan ini sangat sulit untuk dinilai.

Sakit kepala, Efek Pemanasan, Kelelahan

Sebuah penelitian membukakan kembali untuk orang-orang yang menggunakan Ponsel , kemungkinan semakin besar mereka untuk melaporkan gejala seperti telinga panas, kulit terbakar, sakit kepala dan kelelahan.

Studi ini tidak termasuk untuk kelompok terkontrol (yaitu orang-orang yang tidak menggunakan Ponsel, untuk membuat perbandingan) sehingga gejala-gejala yang dilaporkan mungkin telah disebabkan oleh sejumlah faktor lain dalam penggunaan Ponsel di lingkungan, seperti bekerja dengan komputer, stres, mengemudi atau membaca.

Memory Ingatan

Ada berbagai kajian dalam hubungan antara Ponsel dan kehilangan memori. Sebuah penelitian yang melihat efek frekuensi radio (RF) pada bagian otak tikus yang dihubungkan dengan memori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RF dapat memodifikasi sinyal dalam sel-sel di bagian otak yang bertanggung jawab untuk belajar dan memori jangka pendek.

Postur Tubuh (memegang telepon antara mengangkat bahu dan telinga)

Beberapa peneliti mengklaim bahwa memegang Ponsel antara mengangkat bahu dan telinga dapat berdampak merusak pada otot, tulang, tendon dan cakram. Masalah-masalah ini akan berlaku untuk semua telepon (kecuali yang pake headset😀 ) dan pengaruh postur badan yang buruk.

Ponsel dan Anak

Karena kepala anak lebih kecil, tengkorak tipis dan konduktivitas jaringannya lebih tinggi, anak-anak dapat menyerap energi yang lebih tinggi dari telepon yang diberikan dari orang dewasa. Jangan memberikan perangkat Ponsel kepada anak-anak!.

TIPS PENCEGAHAN

  • Lebih baik Ponsel digunakan hanya untuk keadaan darurat, dan bukan untuk percakapan lama.
  • Telepon kecil seperti telepon selular lebih baik memiliki perangkat untuk memproteksi dari radiasi gelombang mikro, yang memiliki kemampuan untuk menyerap energi gelombang elektromagnetik dari Ponsel Anda. Hal ini dapat membantu dalam mengurangi potensi efek yang berbahaya dari emisi bagi tubuh manusia.
  • Menggunakan headset merupakan ide yang baik, Anda tidak harus memegang telepon di dekat telinga Anda sepanjang waktu.
  • Gunakan hands-free saat Anda mengemudi, ini dapat membantu kedua tangan Anda bekerja maksimal saat berkendara.

ATURAN WHO (Organisasi Kesehatan Dunia)

  • pengguna Ponsel harus membatasi eksposur mereka terhadap frekuensi radio berbahaya dengan memotong panggilan yang panjang.
  • Perangkat Hands-free berguna untuk memotong eksposur dengan menjaga peralatan Ponsel jauh dari kepala dan tubuh.
  • Menggunakan telepon tanpa hands-free sambil  Mengemudi harus dilarang.
  • Ponsel sebaiknya tidak digunakan di Unit Perawatan Intensif di rumah sakit karena dapat menimbulkan bahaya bagi pasien dengan mengganggu kerja alat pacu jantung dan defibrillator.
  • Orang dengan alat bantu pendengaran sebaiknya tidak menggunakan Ponsel .
  • Stasiun pusat, yang memiliki antena rendah di halaman mereka yang digunakan untuk berkomunikasi dengan Ponsel , tidak boleh berlokasi dekat dengan sekolah dan tempat bermain.

MENGGUNAKAN PONSEL  SAAT MENGEMUDI

Studi menunjukkan bahwa banyak terjadi kecelakaan mobil, diakibatkan karena sopir sedang menggunakan telepon. Hal ini dapat terjadi karena saat mengemudi tentu saja perlu berkonsentrasi, dan berbicara di telepon dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi.

Beberapa negara seperti Portugal telah melarang penggunaan telepon seluler, yang mungkin sangat tidak praktis, negara ini melarang menggunakan Ponsel untuk mengurangi kecelakaan saat sedang mengemudi. Dengan demikian, penting untuk mengambil tindakan tertentu saat mengemudi:

  • Posisikan telepon Anda agar mudah diambil tanpa mengganggu pandangan Anda dari jalan.
  • Kenali fitur-fitur Ponsel Anda – Panggilan cepat (speed dial), redial, panggilan suara (voice mail), fitur ini dapat dijadikan penyelamat hidup Anda. Tapi jangan menggunakan panggilan pada saat mengemudi. Gunakanlah hands-free.
  • Hindari menggunakan telepon saat kondisi jalan yang berbahaya atau lalu lintas yang berat. Anda dapat menggunakan voice mail untuk menerima pesan-pesan dan kemudian menelepon lagi setelah keadaan membaik atau saat Anda sudah sampai tempat tujuan.
  • Jangan terlibat dalam percakapan yang membuat anda stres sehingga dapat mengalihkan perhatian Anda dari jalan.
  • Jangan mencatat atau mencari nomor telepon sambil mengemudi, tunggu sampai Anda dapat berhenti.
  • Pengguna dapat menggunakan panggilan cepat (speed dialing). Namun mengaktifkan panggilan suara (voice mail) akan lebih baik.
  • Memiliki mesin penjawab yang dapat menerima pesan-pesan sehingga Anda dapat menelepon kembali nanti. Kalau Anda tidak punya fitur tersebut, biarkan rekan/penumpang menangani panggilan jika Anda tidak bepergian sendirian.

Semoga bermanfaat :D!

(posted by Sovian Choeruman)

Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

BACA JUGA :………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………..

More at : REHABILITAS
Kontak Saya

One thought on “PONSEL DAN KESEHATAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s