LIMA PENYEBAB UTAMA STRES


stressDi sini, kita akan membahas penyebab utama Stres yang timbul akibat lingkungan eksternal. Kita sering melihat di tempat lain bahwa Stres memang dapat disebabkan oleh keadaan di lingkungan atau karena persepsi dan sikap Anda.

Dua per tiga dari total orang yang berobat ke dokter diakibatkan karena Stres . Stres juga termasuk sebagai penyebab utama dari penyakit arteri, kanker, kecelakaan dan penyakit pernafasan selain penyebab lainnya.

Stres dapat memperburuk berbagai penyakit seperti: Hipertensi, insomnia, diabetes, herpes, multiple sclerosis, dll. Selain itu, Stres yang terus menerus dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan: konsentrasi yang buruk, lekas marah,  dan selalu berprasangka buruk.

Stres dapat menyebabkan perceraian, pertengkaran keluarga, marah-marah di jalanan, bunuh diri dan kekerasan.

Apa penyebab terbesar Stres di jaman sekarang ini, dan bagaimana bisa Stres di jaman modern ini semakin meningkat?

Penyebab utama Stres yang muncul akibat lingkungan eksternal dipelajari oleh Thomas H. Holmes dan Richard H. Rahe, dari University of Washington. Pada tahun 1967 mereka melakukan penelitian tentang hubungan antara peristiwa kehidupan tertentu yang penting dan penyakit. Sebagai bagian dari studi mereka juga menyusun sebuah daftar alasan utama Stres dalam masyarakat.

Pada saat penelitian dilakukan ada 55 yang dapat memicu Stres . Daftar itu ditinjau kembali pada tahun 2006 dan daftar yang sekarang berisi 63 penyebab utama Stres .

Dari penelitian yang dilakukan oleh Holmes dan Rahe, juga dari studi lainnya yang telah dilakukan dari waktu ke waktu, berikut ini adalah penyebab terbesar tingkatan Stres jaman ini dalam masyarakat modern:

  1. Masalah Keuangan ini adalah sumber Stres nomor satu di jaman ini. Anda dan keluarga Anda tidak bisa melakukan apa yang ingin Anda lakukan karena tidak punya. Utang menumpuk. Pembayaran kartu kredit, cicilan gadaian yang tertunda, meningkatnya biaya pendidikan, mahalnya kesehatan. Keuangan berada di tingkat pertama dalam daftar Stres .
  2. Stres  di Tempat KerjaStres di tempat kerja merupakan salah satu penyebab utama Stres. Anda mungkin khawatir dengan pangkat Anda. Anda mungkin menghadapi bos yang galak. Anda mungkin tidak dapat menjangkau karir Anda; Anda mungkin khawatir dengan politik kotor di kantor. Anda mungkin ditekankan dengan peraturan baru yang lebih menekan, atau Anda mungkin bisa Stres karena takut kehilangan pekerjaan.
  3. Hubungan Pribadi – mengajar anak-anak, sikap keluarga, berbeda pendapat dengan pasangan atau anak-anak, adanya perubahan dalam keluarga karena Anda terlalu sibuk bekerja, ada anggota keluargayang sakit, masuknya Orang tua dalam rumah tangga atau pindahnya anak sulung Anda karena telah menikah, semua dapat menyebabkan Stres .
  4. Kesehatan – penyakit jantung, hipertensi, mata rabun dan penyakit diabetes, telah menyerang banyak orang dan menjadi penyebab utama Stres bagi mereka. Memelihara kesehatan dengan baik, diet , meningkatkan berat badan, mampu untuk menjadikan sebuah gaya hidup yang sehat: namun semua ini dapat menyebabkan seseorang Stres yang timbul karena masalah kesehatan.
  5. Hal yang mengganggu – Selain dari yang telah saya sebutkan di atas,  Hal yang sering mengganggu selalu datang dalam kehidupan kita sehari-hari dan bisa menjadi sumber terbesar penyebab Stres bagi Anda. Masalah pulang pergi ke tempat kerja, keseimbangan dalam bekerja dan kehidupan keluarga, masalah di sekolah anak-anak, beban kerja, berobat ke dokter, tidak cukup tidur, tidak ada waktu untuk bersantai, tidak ada waktu untuk mendiskusikan beberapa masalah dalam keluarga- yang semuanya ini tanpa kita sadari berada dalam kehidupan kita sehari-hari

Itulah penyebab utama Stres yang terjadi kepada manusia modern pada umumnya.

Tapi, apakah Anda akan membiarkan semua ini masuk kedalam kehidupan Anda, membiarkan Stres Anda meningkat dan membuat Anda menjadi rentan untuk semua yang berhubungan dengan penyakit ini? Ataukah  Anda menemukan cara untuk bebas dari hidup Stres meskipun banyak masalah yang menimpa Anda?

Mengembangkan ketahanan dan tidak membiarkan Stres menghancurkan hidup Anda. Ini bisa dipelajari. Dan Anda harus mencobanya.

Agar Anda bisa keluar dari tekanan sehari-hari, mulailah dengan berlatih melepaskan Stres , dan Anda akan menjadi orang yang terbebas dari penyebab utama Stres yang melanda gaya hidup kita sekarang.

Sumber: LiveHealthClub
(Post By Sovian Choeruman)

Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

BACA JUGA :………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………..

More at : REHABILITAS
Kontak Saya

2 thoughts on “LIMA PENYEBAB UTAMA STRES

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s