KAITAN GEMPA DI TASIK DAN GERHANA BULAN?


Hari ini (26/06/2010) telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6,3 SL, menurut BMKG gempa tersebut berpusat di 118 km Barat Daya TASIKMALAYA-JABAR (8.37 LS,107.98 BT), dengan kedalaman 34KM terjadi pada pukul 16:50:45 WIB.

Gempa ini cukup terasa kencang di daerah Bandung terutama Bandung Selatan, ini terlihat dari berhentinya aktifitas warga dan berhamburan keluar mencari tempat yang aman.

Namun yang membuat saya kaget adalah malam ini akan terjadi gerhana bulan seperti yang diberitakan metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Bandung: Fenomena alam gerhana bulan parsial akan terjadi Sabtu (26/6) sekitar pukul 17.15 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Gerhana akan jelas terlihat di Indonesia bagian barat. Titik maksimal 50 persen bulan tertutup bayangan bumi terjadi sekitar pukul 18.40 WIB.

Fenomena alam langka ini tak hanya juga membawa keindahan saat terjadi, namun juga bisa berpotensi bencana seperti gempa.

Menurut Evans, Kepala Staf Pengamatan Boscha, Bandung, Jawa Barat, gerhana terjadi ketika bumi posisi matahari bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus. Ini menyebabkan gaya pasang surut atau gaya tarik berlawanan. Jika gaya pasang surut kuat maka bisa berpotensi gempa.

Ia menjelaskan gempa disebabkan karena lempengan yang ada di dalam perut bumi tertarik gaya tadi. Bisa juga gaya tarik ini akan tersimpan di dalam bumi saja. Gerhana berikutnya akan terjadi tumpukan, gaya tarik di dalam perut bumi. Jika sudah cukup kuat tumpukan ini, maka akan terjadi gempa yang sangat besar. Seperti contoh yang terjadi adalah tsunami di Aceh.  (Metro TV News)

Berita itu sempat membuat bulu kuduk saya merinding, mungkinkah ada hubungannya antara gempa tadi dengan gerhana malam ini?

Saya tidak mampu menjawab kerena saya bukanlah ahlinya, saya hanya memberikan informasi yang mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.

Sungguh hari ini ada dua fenomena alam yang terjadi bersusulan, pertama gempa dan kedua gerhana, ini menandakan sebagian kekuatan Yang Maha Besar dan pemilik Alam Semesta Allah SWT. Tak ada yang dapat dilakukan manusia kecuali pasrah kepadaNya dan selalu meminta pertolongan kepadaNya.

(sochen)

Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

4 thoughts on “KAITAN GEMPA DI TASIK DAN GERHANA BULAN?

  1. NN berkata:

    HAI APANYA SIH YANG MEMBUAT SEMULA ADA GEMPA BUMI,SAYA INI DATANG DARI SUMATERA INGIN MEMBAWA KABAR BAHWA TIDAK SELANG KEMUDIAN AKAN TERJADI BENCANA BESAR-BESARAN YANG CUKUP LUMAYAN MENGERIKANMAKA TIDAK LAMA LAGI AKAN TERJADI KIAMAT BESAR.SAYA YAKIN.

  2. RIAN HIDAYAT berkata:

    Saya juga merasa sangat heran bila ternyata gerhana bulan ada kaitannya dengan gempa bumi karena bumi,bulan dan matahari sedang berada di dalam keadaan lurus,kemudian bumi seperti ada yang tertarik sehingga wajarlah bila terjadi gempa bumi.

    • Sochen berkata:

      Karena itulah umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan sholat gerhana, agar kita terhindar dari bencana tersbut. Naudzubillah himindalik!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s