Sembuh Dari Maag


Kalau sudah datang maag rasanya perut dikoyak-koyak, sakitnya nggak karuan mau menjerit susah kalau nangis malu udah tua🙂 .

Itulah Maag, penyakit yang sudah terkenal hampir di setiap kalangan. Penyakit ini tidak pilih kasih sebagai targetnya bisa anak-anak, ramaja, Orang tua, bahkan yang sudah tua renta pun masih bisa terkena penyakit maag.

Lalu apa penyebabnya? Sayapun berniat untuk mencari tahu artikel tentang maag ini yang sudah pasti banyak bertebaran di internet. Saya baca beberapa artikel, lalu saya menrangkumnya untuk anda hehe…

Maag atau dalam istilah kedoketeran disebut Gastritis atau radang lambung dapat terjadi dikarenakan ada peradangan atau iritasi pada dinding mukosa lambung sehingga menjadi merah, bengkak, berdarah dan luka. Maag akut juga dapat terjadi setelah minum alkohol, kopi atau makan makanan yang susah dicerna atau berbumbu banyak.

Seperti yang kita ketahu, lambung adalah salah satu alat pencernaan pada mahluk hidup terutama manusia dan hewan, karena tumbuhan kan tidak punya lambung😀 . Fungsi lambung juga untuk menyimpan makanan untuk sementara, mencampur dan membantu mencerna makanan dengan bantuan sekresi lambung dan asam hidroklorida, dan mengkontraksi makanan ke dalam usus kecil. Kebayang kan bagaimana manusia apabila tidak mempunyai lambung?

Apabila kita sayang dengan lambung kita yang tidak akan anda temukan di toko manapun di dunia ini, karena Allah menciptakan satu lambung untuk satu makhlukNya. Maka kita harus menjaga lambung kita dari minuman atau makanan yang dapat merusak lambung.

Lalu apakah yang dapat membuat kita terkena penyakit maag?

  1. Jangan terlalu banyak makanan pedas dan asam, untuk anda penikmat makanan pedas dan asam saya sarankan untuk menguranginya atau berhenti dari sekarang karena sedikit demi sedikit lambung anda terkena iritasi dan pada saatnya anda akan terserang penyakit maag.
  2. Jangan minum minuman beralkohol. Coba anda tuangkan air yang beralkohol ke daging yang masih segar, maka lambat laun daging tersebut akan matang. Begitupun dengan lambung anda semakin setring anda mengkonsumsi minuman beralkohol maka lambung anda semakin rusak.
  3. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan seperti aspirin dengan dosis tinggi, kortison, kafein, kortiskosteroid juga dapat menyebabkan Maag.
  4. Sering terlambat makan, makan tidak teratur atau makan yang berlebihan dapat membuat anda maag.
  5. Selain makanan atau minuman, tingkat psikologis anda dapat mempengaruhi terhadap kinerja lambung. Stress dapat menyebabkan orang terkena penyakit maag, itu karena orang yang sedang stress susah untuk makan atau minum secara teratur, dimana kedua hal tersebut adalah salah satu penyebab kita terkena maag.
  6. Penyebab lain-lain karena faktor tidak disengaja atau faktor bawaan seperti asam lambung yang terlalu tinggi, infeksi bakteri atau secara tidak sengaja mengkonsumsi zat-zat yang berbahaya seperti  alkali atau cairan pembersih kimiawi.

Selain anda harus mengetahui apa saja penyebab maag, saya rasa anda juga harus mengetahu bagaimana tanda-tanda orang yang terserang maag, diantaranya adalah:

  • Mual dan muntah rasanya asam, namun pada penyakit maag akut dapat mengakibatkan muntah darah dikarenakan lambung yang mengelupas karena iritasi.
  • Nyeri di perut, pedih, kembung dan susah nafas pada bagian atas perut.
  • Wajah pucat,  pusing, keringat dingin, nafsu makan berkurang.
  • Sering sendawa terutama ketika lapar.
  • Susah tidur karena menahan sakit di sekitar ulu hati (perut bagian atas)

Saya suka pedas dan sering minum minuman beralkohol, tapi kok saya tidak pernah mengalami hal diatas atau pernahpun tidak separah itu?

Eit!! Jangan senang dulu!!, anda pengkonsumsi makanan pedas dan asam juga meminum alkohol tapi anda sehat-sehat aja ya? Hehe.. sebetulnya anda tertipu! Karena lambung anda sudah kronis maka rasa sakit anda menjadi samar. Maka apabila anda tidak menghentikan perbuatan dari sekarang, ditakutkan lambung anda bocor. Naudzubillah!

Biasakanlah hidup sehat mulai sekarang, karena sehat itu untuk anda juga dan yang merasakan tentu saja selain anda juga keluarga, teman atau lingkunganpun akan menikmati keadaan sehat anda.

Tips dari saya agar anda tidak terserang maag:

  1. Makanlah makanan yang lunak atau lembut agar muda dicerna oleh lambung anda, jikalau makanan yang anda makan keras atau kasar, saya sarankan untuk mengunyahnya sampai lembut sebelum anda menelannya.
  2. Hindari makanan yang akan merusak lambung anda seperti alkohol, makanan pedas dan asam, kafein, rokok dan asfirin.
  3. Jadwal makan anda harus teratur, dan jangan makan yang berlebihan. Saya jadi ingat sebuah Hadits Shahih yang artinya “Berhentilah makan sebelum kenyang.
  4. Lebih baik makan sedikit-sedikit tapi sering daripada makan sekali tapi banyak.
  5. Diusahakan Buang air besar secara teratur.
  6. Puasa dapat menghindari bahkan menyembuhkan maag anda, selain anda mendapatkan pahala anda juga akan mendapatkan kesehatan. Namun saya sarankan anda berpuasa mengikuti aturan agama Islam seperti puasa senin dan kamis, puasa di bulan Ramadhan atau puasa-puasa sunah dan wajib lainnya.

OBAT HERBAL UNTUK MAG

Tumbuhan obat dibawah ini dapat mengurangi Maag anda, memperbaiki lambung yang teriritasi, mendinginkan dan memperkuat dinding lambung (dinding mukosa), memperbaiki perncernaan secara umum.

1. TEMU LAWAK (Curcuma xanthorrhiza Roxb.)

Khasiat: antiradang, antibakteri, memperbaiki pencernaan, melancarkan produksi empedu sehingga melancarkan pencernaan makanan di lambung & mengurangi gas perut.

Dosis : 30 gram rimpang direbus, airnya diminum.

2. KUNYIT (Curcuma domestica Val.)

Khasiat /efek ; antiradang, antibakteri, memperlancar pengeluaran empedu sehingga mengurangi perut kembung, mual, dan rasa begah di perut.

Dosis : 10-25 gram rimpang kunyit, direbus, airnya diminum.

3. KENCUR (Kaempferia galanga L.)

Khasiat : antiradang, mengurangi perut kembung, mual, muntah, nyeri, dan sebagai penghangat badan.

Dosis : 10-25 gram rimpang kencur, direbus, airnya diminum.

4.  KAPULAGA (Amomum cardamomum)

Khasiat : untuk radang lambung, mual, muntah-muntah, perut sebah dan kembung.

Dosis : 3-5 buah direbus, airnya diminum.

5. DAUN LIDAH BUAYA (Aloe vera L.)

Khasiat : antiradang, menguatkan lambung.

Dosis : 10-15 gram kering atau 90-100 gram segar daun yang telah dikupas kulitnya, direbus, diminum.

6. SAMBILOTO (Andrographis paniculata)

Khasiat/efek : antiradang, menghilangkan sakit, menghilangkan bengkak

Dosis : 9 -15 gram sambiloto kering, direbus, airnya diminum.

7. KULIT JERUK MANDARIN (Citrus nobilis)

Khasiat : untuk radang lambung, melancarkan pencernaan, kembung, mual, muntah.

Dosis : 3-10 gram kering, direbus, airnya diminum.

8. SEREH (Andropogon citratus)

Khasiat : untuk nyeri lambung, perut kebung, mual, dmn muntah.

Dosis : 5-15 gram direbus, airnya diminum.

9. ADAS (Foeniculum vulgare)

Khasiat : untuk sakit lambung, muntah karena lambung dingin, mual, kembung.

Dosis : 1-5 gram kering, direbus, airnya diminum.

Semoga bermanfaat ya! (Chen)

Sumber : Berbagai Sumber


Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

Bookmark and Share

Berita Terkait : ………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………..

More at : HERBALIST.
Kontak Saya

2 thoughts on “Sembuh Dari Maag

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s