ALPUKAT YANG BERMANFAAT


Teman, pernahkah anda merasakan nikmatnya jus alpukat?. Jus alpukat adalah minuman pavorite isteri saya, selain dijadikan jus,istri saya juga sering menjadikan alpukat sebagai masker. (dari pada memebeli pelembab yang mahal, pakai masker alpukat lebih murah hehe..).

Saya bukanlah pengirit hingga tega melihat istri saya memakai masker alpukat!, tapi saya mengetahui keunggulan masker dari alpukat dibandingkan dengan masker yang dijual di pasaran.

Namun sebelum saya menjelaskan manfaat buah alpukat, kita harus tahu dari mana buah ini berasal. Sebetulnya alpukat atau dalam kamus Bahasa Indonesia ditulis avokad bukanlah berasal dari daerah kita, walaupun memang buah ini termasuk ke dalam buah tropis.

Alpukat atau avokad berasal dari bahasa Aztek yaitu ahuacatl, anda tahu kan suku Aztek itu berada dimana?. Suku Aztek itu berada di Negara Amerika bagian Tengah dan Meksiko, awalnya Martin Fernández de Enciso –lah yang mengenalkan buah ini kepada orang Eropa. (Martin Fernández de Enciso adalah seorang pemimpin dari pasukan spanyol pada tahun 1519).

Karena sat itu Amerika Tengah sedang dijajah oleh Spanyol, maka masayarakat Spanyol banyak mengenalkan tumbuhan-tumbuhan tropis pada orang-orang eropa, selain alpuket orang-orang Spanyolpun mengenalkan tumbuhan lain seperti coklat, jagung dan kentang.

Dari sanalah buah alpukat mulait ersebar di seluruh dunia, Kayu pohon alpukat bermanfaat sebagai bahan bakar. Biji dan daunnya dapat digunakan dalam industri pakaian. Kulit pohonnya dapat digunakan untuk pewarna coklat pada produk yang terbuat dari kulit.

Namun apabila kita lebih jauh manfaat buah alpukat ini maka kita akan tercengang dengan kandungan vitamin yang berada di dalamnya. Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Alpukat atau avokad setidaknya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat  kaya akan proteinriboflavin (atau dikenal sebagai vitamin B2), niasin (atau dikenal sebagai vitamin B3), potasium (atau lebih dikenal sebagai kalium), dan vitamin C.

Selain itu alpukat mengandung lemak yang cukup tinggi. Namun jangan takut karena lemak pada alpukat mirip dengan lemak pada minyak zaitun yang sangat sehat. Lemak yang dikandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh yang berdampak positif dalam tubuh. Lemak pada alpukat juga digunakan dalam pembuatan sabun dan kosmetik.

Saya akan jelaskan satu persatu manfaat vitamin yang berada di dalam alpukat untuk kesehatan tubuh kita:

  • Vitamin E dan vitamin A

Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang berguna untuk menghaluskan kulit. Campuran vitamin E dan vitamin A sangat berguna dalam perawatan kulit. Kombinasi vitamin E dan vitamin A membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar.

  • Potasium atau Kalium

Potasium (dikenal juga sebagai kalium) yang ada dalam alpukat dapat mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah.

  • Lemak tak jenuh

Dalam alpukat ada lemak nabati yang tinggi yang tak jenuh. Lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mudah dicerna tubuh sehingga dapat memberikan hasil maksimal pada tubuh. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur.

  • Asam oleat

Asam oleat merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi. Radikal bebas dalam tubuh akan menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan.

  • Vitamin B6

Vitamin ini berkhasiat untuk meredakan sidrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) yang umumnya diderita wanita setiap bulan.

  • Zat Besi dan Tembaga

Zat ini diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia.

  • Mineral Mangaan dan Seng

Unsur ini bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tetap terjaga.

Kalau anda senang mengkonsumsi buah alpukat maka saya ucapkan Selamat!, karena anda telah terbiasa hidup sehat. Dan apabila anda belum terbiasa mengkonsumsi alpukat ini, maka saya mengajak anda “Ayo kita biasakan hidup sehat dengan mengkonsumsi buah-buahan” dan alpukat termasuk kedalam buah-buahan yang sehat untuk tubuh anda.

Ramuan Sederhana dengan bahan alpukat:

1.   Batu Ginjal

7 helai daun alpukat segar, seduh dengan ½ gelas air panas. Minumlah 2x setiap hari, pagi dan sore, sampai batunya keluar.

2.  Menghaluskan Kulit

buah alpukat dilumatkan, balurkan pada wajah dan tangan yang sudah dibersihkan dengan air hangat selama sekitar 30 menit.

3.  Kulit Kering

Sebuah alpukat dilumatkan sampai halus, balurkan merata pada wajah. Setelah kering cuci wajah dengan air hangat. Lalu, oleskan wajah dengan es batu.

4.  Sakit Pinggang

5 helai daun alpukat dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 1 gelas. Setelah diangkat, embunkan air itu semalam. Esok pagi baru diminum. Lakukan ini selama seminggu. Berturut-turut.

5.  Bengkak

1 – 2 buah alpukat dilumatkan, beri sedikit air sampai seperti bubur. Borehkan pada bagian tubuh yang sakit.

6.  Hipertensi

3 – 5 helai daun alpukat cuci bersih, seduh dengan 1 gelas air panas. Minum 1x sehari sekaligus kalau sudah dingin.

7.  Sariawan

aduk sebuah alpukat matang dengan 2 sendok makan madu murni. Makan 3x sehari.

8.  Maag

Cuci bersih biji alpukat dengan menggunakan air matang,  Parut biji alpukat, Campurkan 100 CC air matang dengan parutan biji alpukat tadi,  Saring

Aturan pakai sari biji alpukat: Untuk  Sakit maag tidak parah, minum sari biji alpukat 1 kali sehari; Untuk  Sakit maag parah, minum sari biji alpukat 2 kali sehari, pagi dan sore, sampai sembuh.

Semoga Bermanfaat!!

NB: Apabila anda ingin membeli obat herbal online, saya mengajak anda untuk belanja di Roemah Sehat. Selain   menjadi sehat andapun akan mendapatkan ilmu mengenai obat-obat herbal. Apabila anda tertarik silahkan klik disini!

Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

Bookmark and Share

Berita Terkait : ………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………..
  • Antanan Lalapan Yang Mujarab
  • Coklat Ternyata Berkhasiat Membuat Umur Seseorang Menjadi Lebih Panjang
  • Beribu Manfaat Pisang

More at : HERBALIST.
Kontak Saya

2 thoughts on “ALPUKAT YANG BERMANFAAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s