Belimbing Wuluh Obat Herbal Berbagai Penyakit


Saya janji akan membahas Belimbing Wuluh buat anda, dan hari ini artikel tentang Belimbing Wuluh ini telah selesai saya buat, mudah-mudahan bermanfaat.

Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.) adalah jenis pohon belimbing yang berasal dari Amerika Tropis, saya tidak tahu pasti bagaimana bentuk pohonnya karena dikampung saya tidak terdapat Belimbing jenis ini, namun Guru saya ketika baru pulang dari Riau pernah membawa Belimbing Wuluh ini dan memperlihatkannya kepada saya. Belimbing ini ternyata banyak khasiatnya seperti mengobati batuk, sariawan, perut sakit, gondongan, rematik, gusi berdarah, sakit gigi berlubang, jerawat, panu, tekanan darah tinggi (hipertensi), kelumpuhan, meperbaiki fungsi pepencernaan, radang rectum , dan lain-lain.

Kata Guru saya, Pohon ini tingginya bisa mencapai 10 m dan berbatang sedang. Belimbing wuluh mempunya batang kasar berbenjol-benjol, bercabang sedikit dan arahnya condong ke atas. Cabang yang masih muda berambut halus seperti beludru berwarna coklat muda. Daunnya majemuk  menyirip ganjil dengan 21-45 pasang anak daun. Anak daun memiliki tangkai yang pendek, bentuknya bulat telur , berujung runcing, pangkalnya membundar, tepi rata, panjangnya sekitar 2-10cm dan lebar 1-3cm, berwarna hijau dan permukaan bawahnya hijau muda.

Buahnya berbentuk bulat lonjing bersegi, panjangnya sekitar 4-7cm, warna hijau kekuningan, bila telah masak mengandung banyak air, rasanya kecut (asam), bijinya berbentuk bulat telur rasanya asam sering digunakan sebagai penyegar dari sirop, bahan penyedap makanan, bahan obat tradisional, dapat juga digunakan untuk kepentingan rumah tangga yaitu untuk membersihkan noda pada kain, mengkilapkan barang yang terbuat dari kuningan, membersihkan tangan yang kotor.

Nama local dari Belimbing wuluh: Limeng, selimeng, thlimeng (Aceh), selemeng (Gayo),; Asom, belimbing, balimbingan (Batak), malimbi (Nias),; balimbieng (Minangkabau), belimbing asam (Melayu),; Balimbing (Lampung). calincing, balingbing (Sunda),; Balimbing wuluh (Jawa), bhalingbhing bulu (Madura).; Blingbing buloh (Bali), limbi (Bima), balimbeng (Flores),; Libi (Sawu), belerang (Sangi).;

Bagian yang dapat dipakai untuk pengobatan:

BUAH : Dapat digunakan untuk sakit gigi berlubang, tekanan darah tinggi, gusi berdarah, batuk, jerawat, panu, memperbaiki pencernaan dan kelumpuhan

BUNGA : Untuk obat batuk dan sariawan

DAUN  : Untuk obat sakit perut, gondongan dan rematik

Karena takut terlalu panjang tulisan saya, maka ramuan obat yang berbahan dasar belimbing wuluh akan saya postingkan apabila ada pertanyaan dari anda.

Semoga bermanfaat ya!, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan.

NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

Berita Terkait : ………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………..

More at : HERBALIST
Kontak Saya

15 thoughts on “Belimbing Wuluh Obat Herbal Berbagai Penyakit

  1. junita berkata:

    salam sejahtera
    salam kenal mas
    saya agus dari palangkaraya juga mau tanya untuk masalah penyakit kelenjar getah bening gimana mas resep dan ramuan ntuk menghilangkan penyakit tersebut, yang mengidap penyakit ini adalah istri saya. saya tunggu jawabannya. trima kasih.

  2. heru berkata:

    salam sejahtera
    salam kenal mas
    saya heru dari jogja mau tanya kalu untuk masalah penyakit kelenjar getah bening gimana mas resep dan ramuan ntuk menghilangkan penyakit tersebut,yang mensakit istri saya.saya tunggu jawabannya.matur nuwun

  3. Pitri m berkata:

    Salam kenal
    kalau obat utk sakit gigi berlubang, tekanan darah tinggi, gusi berdarah, batuk, panu, memperbaiki pencernaan dan kelumpuhan, cara penggunaanya gimna ya…?..Trim’s

    • Sochen berkata:

      Belimbing Wuluh Anda potong kecil-kecil, setelah itu anda oleskan cairan belimbing wuluh itu ke jerawat anda.
      INGAT! jangan di basuhkan, hanya di oleskan saja ke jerawat anda, kerena apabila dibasuhkan takut-takutnya kena mata lumayan perih.
      semoga bermanfaat ya!

    • Sochen berkata:

      Salam kenal juga!
      sorry ya kalau resepnya tidak saya postingkan, soalnya banyak sekali manfaat dari belimbing wuluh ini, jadi takutnya malah bikin bosen pembaca.. hehe!
      kalau untuk obat darah tinggi caranya Yaitu:
      *3 buah belimbing wuluh dicuci lalu dipotong-potong lalu direbus dgn 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring minum setelah makan pagi.
      semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s