Bahan e-KTP untuk Indonesia


e-KTP (elektronik KTP) didesain dengan metode autentikasi dan pengamanan data tinggi. Hal ini dapat dicapai dengan menanamkan chip di dalam kartu yang memiliki kemampuan autentikasi, enkripsi dan tanda tangan digital.

Autentikasi dua arah dilakukan antara kartu elektronik dan perangkat pembacanya agar kartu dan pembaca dapat dipastikan sah. Sementara enkripsi digunakan untuk melindungi data yang tersimpan di dalam kartu elektronik dan tanda tangan digital untuk menjaga integritas data. Di samping itu, e-KTP dilindungi dengan keamanan pencetakan seperti relief text, microtext, filter image, invisible ink dan warna yang berpendar di bawah sinar ultra violet serta anti copy design.

Dalam Pasal 64 Ayat (3) UU No. 23 Tahun 2006, disebutkan bahwa dalam KTP harus disediakan ruang untuk memuat kode keamanan dan rekaman elektronik data kependudukan. Hal ini dijabarkan dalam Perpres No. 26 Tahun 2009 bahwa di dalam rekaman elektronik KTP tersimpan biodata, pas photo, dan sidik jari tangan penduduk.

Tanda tangan terdigitalisasi penduduk juga disimpan di dalam rekaman elektronik berupa chip. Perekaman sidik jari dilakukan terhadap 10 sidik jari tangan yang disimpan pada basis data dan dua buah sidik jari tangan yaitu jari telunjuk kanan dan kiri pada chip kartu.

Penyimpanan dua buah sidik jari telunjuk di dalam chip sesuai dengan standar internasional NISTIR 7123 dan Machine Readable Travel Documents ICAO 9303 serta EU Passport Specification 2006. Bentuk KTP elektronik sesuai dengan ISO 7810 dengan form factor ukuran kartu kredit yaitu 53,98 mm x 85,60 mm.

KTP elektronik sebagaimana KTP kertas memiliki masa berlaku 5 tahun. KTP selalu dibawa dan digunakan oleh penduduk dalam kondisi dan cuaca yang beragam serta berbagai aktifitas seperti pertanian, perdagangan, perjalanan dan perkantoran dengan frekuensi penggunaan yang tinggi. Keadaan ini memerlukan ketahanan fisik kartu dan komponennya dalam penggunaan yang sering dan jangka waktu yang lama.

Kartu kredit biasanya dibuat dari bahan polyvinyl chloride (PVC) karena diharapkan dapat digunakan selama tiga tahun. Tetapi masa berlaku KTP selama lima tahun memerlukan bahan yang lebih kuat yaitu polyester terephthalate (PET) yang memiliki ketahanan hingga sepuluh tahun.

Chip dapat dipasang pada kartu dengan interface kontak atau nirkontak. Kartu elektronik dengan interface kontak telah banyak diluncurkan untuk keperluan kartu telpon, kartu kredit dan kartu kesehatan (APSCA 2007). Kartu nirkontak mulai banyak digunakan untuk kebutuhan transportasi umum karena kemudahan dan kenyamanan penggunaan dengan cukup menempelkan kartu ke perangkat pembaca tanpa memasukkan kartu ke dalam slot perangkat pembaca.

Kartu nirkontak tidak bergesekan langsung dengan perangkat pembaca yang dapat menyebabkan terkikisnya lapisan pelindung chip. Kartu nirkontak juga memiliki daya tahan tinggi karena terlindungi dari kontak langsung lingkungan seperti udara, air dan cairan lainnya. Ia juga terlindung dari karat karena kelembaban udara dan air khusunya di daerah tropis seperti di Indonesia. Oleh karena itu, kartu e-KTP menggunakan interface nirkontak.

e-KTP di Negara Maju

Kartu identitas elektronik telah banyak digunakan di negara-negara di Eropa antara lain Austria, Belgia, Estonia, Italia, Finlandia, Serbia, Spanyol dan Swedia, di Timur Tengah yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Maroko, dan di Asia yaitu China.

Kartu identitas elektronik Belgia merupakan kartu yang tertanam chip kontak berisi biodata, pas photo dan tanda tangan pemilik kartu dan petugas penerbit kartu. Data identitas dan pas photo (JPEG, 3 KB) ditandatangani secara digital oleh Badan Registrasi Nasional. Chip di dalam kartu juga mampu melakukan tanda tangan digital dan pembangkitan kunci kriptografi.

Uji petik kartu elektronik Belgia dilakukan sejak bulan Maret 2003 dan diluncurkan secara nasional pada bulan September tahun 2004. Kartu identitas elektronik Spanyol memuat biodata, dan gambar biometrik wajah dan sidik jari. Uni Emirat Arab dan Arab Saudi telah menanda tangani perjanjian pada tahun 2007 yang memungkinkan warga negaranya untuk menggunakan kartu identitas elektronik masing-masing warga negaranya untuk perjalanan antar kedua negara tersebut melalui darat, laut dan udara.

China menerapkan kartu identitas penduduk generasi kedua yang menggunakan chip nirkontak berstandar ISO 14443 yang tersimpan di dalamnya biodata dan pas photo pemilik kartu identitas. Kartu identitas elektronik ini mulai diluncurkan pada tahun 2004 bagi penduduk wajib KTP di China yang mencapai jumlah 960 juta jiwa. Kartu identitas elektronik ini dirancang mudah dan murah dalam produksi, dan mudah, teramankan dan tahan lama dalam penggunaan.

Lalu bagaimana di Indonesia? Pada uji petik e-KTP tahun 2009, Dijen Adminduk yang bekerjasama dengan BPPT, ITB, LSN dan APTIKOM memberikan pelatihan dan pendampingan teknis bagi kegiatan perekaman sidik jari. Saat ini, petugas kecamatan telah dapat mengoperasikan dengan baik dan mandiri kegiatan perekaman sidik jari, pengiriman sidik jari untuk identifikasi 1:N, dan perekaman data ke dalam chip serta verifikasi sidik jari 1:1 hingga e-KTP diserahkan kepada penduduk.

Penerapan awal KTP berbasis NIK yang dilengkapi dengan sidik jari dan chip atau e-KTP merupakan langkah strategis menuju tertib administrasi kependudukan yang mengamanatkan adanya identitas tunggal bagi setiap penduduk dan terbangunnya basis data kependudukan yang lengkap dan akurat.


*) Penulis adalah Dr Husni Fahmi, perekayasa yang bekerja di Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPPT. Dia meraih gelar bachelor, master, dan doktor pada bidang Computer Engineering dari Purdue University, AS. Saat ini, dia mendapatkan tugas sebagai Kepala Program Sistem Informasi Administrasi Kependudukan BPPT. ( Detik.com )

Berita Terkait : ………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………..

More at : Berita.
Kontak Saya

6 thoughts on “Bahan e-KTP untuk Indonesia

  1. Claudette berkata:

    I really tend to agree with the whole thing that has been
    composed in “Bahan e-KTP untuk Indonesia PELITA”. Many thanks for all the actual facts.
    Thanks for your time,Christi

  2. e-ktp berkata:

    e-KTP kita doakan berjalan dengan lancar, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan kegunaan dari e-ktp, mudah2 an dengan e-ktp banyak permasalahan masayarakat teratasi, baik dari segi politik, sosial, dan ekonomi bangsa Indonesia

  3. hamdiansyah berkata:

    APAKAH E KTP WNI INI JUGA MENGGUNAKAN ALAT SCANNER CANGGIH BIOMETRIK? SAYA HARAF BEGITU DAN SEHARUSNYA TIDAK USAH MENGGUNAKAN T TGN LAGI KARENA IANYA SUDAHPUN MENGGUNAKAN SISTEM BIOMETRIK SCANNER UNTUK MEMPERKEMASKAN DATA , KARENA TERBUKTI SISTEM BIOMETRIK SCANNER INI LEBIH SELAMAT DAN TERJAMIN KUALITAS E KTP ITU SENDIRI….DAN SAYA CADANGKAN PEMERINTAH MEMBINA 1 JABATAN SAJA UNTUK PEMBIKINAN PROYEK CANGGIH INI..SEPERTI DIMALAYSIA…MEREKA ADA 1 JABATAN SAJA YG MENGELUARKAN E KTP MEREKA ( MYKAD) YAITU…..WWW. JABATAN PENDAFTARAN NEGARA.COM.MY MEREKA INILAH YG BERKERJA KERAS DGN MENGGUNAKAN SISTEM PERKOMPUTERAN YG CANGGIH DAN SISTEM SCANNER BIOMETRIK..APAKAH KITA PUN SAMA???

  4. hamdiansyah berkata:

    SAYA SANGAT MENDUKUNG 1000% PROYEK CANGGIH PEMERINTAH KITA INI SEMOGA NEGARA RI JUGA TIDAJ KALAHNYA DGN NEGARA JIRAN KITA YG SUDAH MENGGUNAKAN ID CARD CANGGIH SEPERTI INI BERTUJUAN UNTUK MEMASTIKAN KESELAMATAN DATA SEORANG WARGANEGARA ITU INGIN DIPALSUKAN DAN DIGUNAKAN UNTUK TUJUAN PENIPUAN /KEJAHATAN TAPI SAYA HARAFKAN PEMERINTAH KITA MEMPERTINGKATKAN LAGI MUTU DAN KUALITAS E KTP INI AGAR IANYA LEBIH CANGGIH DAN SELAMAT DIGUNAKAN, INI KARENA E KTP MALAYSIA MEMPUNYAI MIKROCIP SEBESAR 64KB DAN BISA DIDETEKSI MELALAUI SATELIT MEREKA..NAH E KTP KITA HANYA ADA 4KB SAJA?…INI TERLALU KECIL UNTUK MEMUATKAN BERBAGAI DATA SESEORANG KEDLM CIP ITU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s