Gerhana Siang Ini Dapat Terlihat Di Bandung


Gerhana matahari diperkirakan akan terjadi hari ini Jumat (15/1) sekitar pukul 14.33 – 15.55 WIB di langit Bandung. Tapi di langit Jakarta, waktunya akan bergeser.

”Gerhana di Jakarta antara pukul 14.33 – 16.00,” kata Thomas Djamaludin, Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional di Bandung, Kamis (14/1).

Perkiraan waktu terjadinya gerhana ini adalah hasil simulasi gerhana dengan stelarium yang dilakukan di Observatorium Bosscha Lembang, Bandung. Stelarium adalah perangkat lunak yang juga bisa diunduh di internet.

Dari simulasi itu, menurut peneliti Observatorium Bosscha, Mochammad Irfan, gerhana matahari cincin terlama nanti terletak di perairan Samudera Hindia. Persisnya di koordinat Lintang Utara satu derajat 36 menit dan Bujur Timur 69 derajat 18 menit. Berlangsung mulai pukul 12.01-16.12 WIB, puncak gerhana matahari cincin itu terjadi pukul 14.06 WIB. Presisi ini, kata Irfan, nyaris sama dengan data di situs NASA.

Seperti peristiwa gerhana tahun lalu, Observatorium Bosscha di Lembang Bandung akan mengelar kegiatan nonton bareng gerhana. Sejumlah teleskop akan dipasang di ruang terbuka di kompleks Observatorium itu untuk dipakai pengunjung yang mengamati gerhana.

Direktur Observatorium Bosscha Hakim L Malasan mengatakan, pengunjung bisa menyaksikan di ruang ceramah. Ruangan yang biasa untuk menjelaskan angkasa raya kepada rombongan pelajar itu akan dipasangi laptop. “Lalu diproyeksikan ke layar. Kalau berjubel di sini, nggak bakal muat,” kata Hakim.

Di ruangan itu sendiri akan ada dua instrumen yang disebut sebagai teropong surya dan teropong coronado. Alat baru rakitan Institut Teknologi Bandung itu akan difungsikan untuk memantau dan merekam gerhana. Hasilnya, jika langit tak mendung, akan tersambung ke layar monitor.

Selain akan menayangkan gerhana di Bandung, Bosscha bakal menampilkan gerhana matahari cincin yang sempurna di China lewat streaming internet kepada pengunjung di ruang ceramah. Tontonan itu dianggap hiburan pengganti kalau-kalau gerhana matahari di Bandung tak terlihat.www.tempointeraktif.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s