PLAZA BERUMUR LEBIH DARI 5.500 TAHUN?


seringkah anda main ke Plaza?, tentu saja orang awampun tahu kalau Plaza itu tempatnya shoping, tempat nongkrong para pemuda dan pemudi, atau tempat bermain anak-anak kita.

PLAZA 5500 TAHUN

Namun Plaza yang satu ini adalah Plaza yang berumur 5.500 tahun, Plaza berbentuk bundar ini ditemukan para arkeolog di Peru tepatnya di reruntuhan yang dikenal sebagai Sechin Bajo, di Casma, 370 Km di utara Lima, ibukota Peru.

reruntuhan Plaza ini ditemukan oleh tim kekunoan Peru dan Jerman “Itu merupakan penemuan yang mengesankan, masyarakat ilmuwan dan arkeologi sangat senang,” kata Cesar Perez, ilmuwan di Institut Kebudayaan Nasioal Peru yang mengawasi proyek tersebut. “Ini dapat mendesain kembali sejarah negara ini.” Sebelum penemuan di Sechin Bajo, pakar arkeologi menganggap benteng kuno Caral Peru adalah salah satu dari yang tertua di belahan bumi Barat, sekitar 5.000 tahun. Para ilmuwan mengatakan Caral, yang terletak beberapa jam naik mobil dari Sechin Bajo, merupakan satu dari enam tempat di dunia — bersama dengan Mesopotamia, Mesir, Cina, India dan Mesoamerika — tempat manusia memulai kehidupan di kota lima ribu tahun lalu.

“Penentuan tanggal yang dilakukan oleh pakar arkeologi Jerman menyebutkan sekitar 5.500 tahun, tapi sebagian lainnya dapat lebih tua bergantung pada hal lainnya yang ditemukan,” kata Perez. Sebelumnya penemuan dekat Sechin Bajo berusia 3.600 tahun. “Mereka telah sangat maju mengerti arsitektur dan bangunan. Ini dapat secara jelas terlihat dalam kenyataan bahwa material yang mereka gunakan bertahan sangat lama,” Peter Fuchs, salah seorang arkeolog, mengatakan pada suratkabar El Comercio. Tempat pertemuan sosial yang Fuchs dan rekannya temukan dibangun dengan batu dan batako. Ratusan tempat arkeologis menutup Peru, dan banyak puing dibangun oleh kebudayaann kerajaan Incan yang dulu sangat berkuasa, yang mencapai puncaknya pada abad ke16, sesaat sebelum penakluk Spanyol datang di tempat yang sekarang adalah Peru. (berita_aneh.blogspot.com)

Memang aneh, sepertinya kita hidup sekarang di jaman modern ini dan nenek moyang kita tidak pernah merasakan bagaimana kehidupan kita sekarang, padahal sejak bumi ini Allah ciptakan dari masa kemasa terjadi modernisasi yang seimbang.

Baca Juga:

6 Kota Yang Penuh ‘Dosa’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s