MALAYSIA BIKIN ‘ULAH’ LAGI


Malaysia bikin ulah lagi, rupanya  negara ini belum sadar dengan apa yang dilakukan, setelah mencuri kesenian dan kebudayaan Indonesia, sekarang dia mengklaim Pulau Jemur di Provinsi Riau yang ada di negara kita ini. Tentu saja ini membuat geram masyarakat Indonesia  yang sudah bosan di injek-injek oleh negara tetangga itu. pulau Jemur
Pengakuan Pulau Jemur masuk dalam tujuan wisata Slangor sangat tidak masuk akal. Sekalipun letak geografis Pulau Jemur berada di kawasan Selat Malaka, namun pulau itu masuk dalam wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Riau.
“Aneh saja, kalau tiba-tiba Malaysia mengklaim itu menjadi tujuan wisata mereka. Mengapa baru sekarang mereka klaim menjadi milik mereka, mengapa tidak dari dulu saja. Atau sekalian Riau ini mereka klaim bagian dari negara mereka,” kata Zulkarnain.
Zulkarnain menyebut, gugusan Pulau Jemur sampai saat ini masih dalam tapal batas wilayah Indonesia. “Dari mana jalannnya Malaysia bisa menganggap itu pulau milik mereka. Padahal di Pulau Jemur ada pos TNI AL,” kata Zulkarnain.
Pulau Jemur adalah salah satu dari 9 pulau yang termasuk dalam gugusan Pulau Arwah di Kabupaten Rohil, Riau. Pulau ini terkenal memiliki pemandangan alam yang indah sehingga membuat pengunjungnya betah berlama-lama.
Tidak cuma itu, Pulau Jemur juga amat kaya dengan ragam ikan, satwa laut, dan terumbu karang. Semua itu sangat menggoda para wisatawan untuk memancing atau menyelam.
Pulau tak berpenduduk ini berjarak sekitar 70-an kilometer dari kota Bagan Siapiapi, ibukota Kabupaten Rokan Hilir.
Informasi mengenai penawaran Pulau Jemur sebagai daerah tujuan wisata tersebut dapat diakses di sejumlah situs pariwisata Travel Journal dan laman Osvaja.net yang menyebutkan bahwa Pulau Jemur sebagai destinasi wisata Negara Bagian Selangor, Malaysia.
Dalam situs Travel Journal dicantumkan lokasi dan peta Pulau Jemur yang dikatakan masuk dalam wilayah Selangor, Malaysia. Namun, tidak bisa diketahui informasi mengenai penanggung jawab laman pariwisata tersebut.
GUBERNUR : MASYARAKAT JANGAN TERPROVOKASI SOAL PULAU JEMUR
Gubernur Riau HM Rusli Zainal, Selasa, meminta agar masyarakat Riau tidak terpancing dan terprovokasi oleh informasi soal pulau Jemur di Provinsi Riau yang di klaim sebagai bagian dari daerah tujuan pariwisata Malaysia.
“Bisa jadi ini hanya informasi menyesatkan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab di internet,” kata Gubernur yang diwawancara melalui telepon.
Pemerintah Riau sendiri kata Gubernur, sudah menyatakan secara resmi bahwa Pulau Jemur adalah pulau terluar di Kabupaten Rokan Hilir yang berbatasan dengan Malaysia di Selat Malaka. “Artinya, Pulau jemur adalah bagian dari wilayah Riau,” tegasnya.
Menurut Gubernur, beberapa hal yang sempat menjadi pemicu meruncingnya hubungan RI-Malaysia seperti klaim Tari Pendet, Reog, Lagu Rasa Sayange, termasuk klaim terhadap Pulau Jemur, bisa jadi bukan dilakukan pemerintah Malaysia, tetapi oleh pihak lain yang sengaja ingin mengacaukan hubungan dua negara ini.
“Terkait dengan hal itu, sebaiknya warga menunggu upaya penyelesaian yang saat ini tengah dilakukan oleh pemerintah,” ujar Rusli Zainal.
Menurut Gubernur, karena wilayah Riau sangat berdekatan dengan negara Malaysia, sikap yang lebih baik adalah menumbuhkan tali kerukunan persaudaraan dengan Malaysia, sambil mencari penyelesaian yang baik agar tidak merusak hubungan antara Negara Indonesia dengan Negara Malaysia.
“Kita adalah tetangga dan selama ini hubungan Riau dan Malaysia sangat baik, karena itu sebelum bertindak kita perlu mencari tau duduk perkaranya dulu, apakah klaim itu benar dilakukan pemerintah Malaysia atau bukan,” ujar Gubri.
Tetapi jika ternyata klaim tersebut benar dilakukan Pemerintah Malaysia, Gubernur menyatakan siap bersikap tegas, karena ini adalah soal kedaulatan dan harga diri bangsa.
Kenapa Malaysia berbuat demikian kepada Negara kira??

Gambar : news.okezone.com

2 thoughts on “MALAYSIA BIKIN ‘ULAH’ LAGI

  1. Malaysia berkata:

    Klaim Malingsia hanya efek ikutan dari sejarah kita sebagai bangsa nusantara yang dibelah-belah dan diadudomba oleh penjajah Eropa. Kasihanilah saudara kita itu, mereka sekarang sedang dalam fase yang sangat berat dalam upaya menemukan kembali sejarahnya yang banyak dipalsukan🙂

  2. lina berkata:

    menurut saya hubungan tidak baik antara malaysia dan indonesia hanyalah kesalah fahaman saja. Sebab menurut pandangan saya masyarakat malaysia tidak pernah berperilaku seperti yang orang2 umbarkan.saya rakyat indonesia yng sudah tinggal di malaysia selama 5th,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s