JAMBU BATU ITU BERMANFAAT


jambu biji

jambu biji


Siapapun pasti mengenal jambu biji. Buah yang banyak tumbuh di pekarangan rumah ini kerap menjadi buah yang banyak dicari setiap kali terjadi wabah demam berdarah karena diyakini dapat meningkatkan sel darah putih. Namun bukan hanya sekedar itu, buah dengan nama latin Psidium guajaya ini memiliki manfaat lain bagi kesehatan seperti meredam diabetes mellitus, maag, diare, sakit kulit sampai masuk angin.

Berikut manfaat jambu biji selengkapnya:

Diabetes Mellitus
Untuk menghambat penyakit diabetes mellitus cobalah 1 buah jambu biji setengah masak yang dibelah menjadi empat bagian dan direbus dalam satu liter air sampai mendidih. Ambil airnya setelah disaring dan minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Maag
Untuk mengobati maag atau sakit lambung , cobalah ambil 8 lembar daun jambu biji yang masih segar. Rebus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, saring dan ambil airnya untuk diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.

Sakit perut
Anda mencret atau diare? Daripada menggunakan obat warung, kenapa tidak mencoba obat tradisional dengan mengambil 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya. Rebus dalam 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Masuk angin
Untuk mengobati masuk angin, ambil 10 lembar daun jambu biji yangmasih muda, 1 butir cabe merah, 3 mata buah asam, satu potong gula kelapa, garam secukupnya. Rebus semua bahan dalam 1 liter air sampai mendidih. Saring untuk diambil airnya dan minum 2 kali sehari.

Sariawan
Untuk mengobati sariawan, sisihkan segenggam daun jambu biji, 1 potong kulitnya. Rebus dalam 2 gelas air hingga mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya dan minum 2 kali sehari.
www.vision.net.id

One thought on “JAMBU BATU ITU BERMANFAAT

  1. Hari mulyanto berkata:

    thank’s berat artikel jambu ” psidium guajaya ” biji nya, jadi tambah mantap nih… kebetulan istriku sering beli jambu biji dan anakku yang bikin jusss… untuk aku senang minum jussnya maupun jambunya dengan di ” krokot ” makan langsung…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s