==>>
Anda Membaca...
Berita, Herbalist, Rehabilitas

DAUN KATUK, ADA MANFAAT DAN BAHAYANYA?


Daun katuk (Saurapus Androgynus) lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai sayuran, namun memang sejak nenek moyang kita Daun katuk ini sudah dikenal juga sebagai obat, seperti borok, bisul, demam, darah kotor dan juga untuk memperlancar ASI.

Entah darimana mereka mengetahui khasiat Daun katuk ini!, namun di era modern sekarang ini dimana segala sesuatu yang kita konsumsi harus jelas kandungannya ternyata juga mengakui khasiat dari Daun katuk ini.

Maka saya acungkan jempol untuk manusia pertama yang mengetahui khasiat Daun katuk ini :).

Menurut ilmu kedokteran, kandungan yang ada di dalam Daun katuk itu ternyata banyak sekali yang bermanfaat bagi tubuh, seperti; protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B, dan C.

Bayangkan saja dalam 100 g Daun katuk terdapat 59 kal energi, 6,4 g protein, 1,0 g lemak, 9,9 g hidrat arang, 1,5 g  serat, 1,7 g abu, 233 mg kalsium, 98 mg fosfor, 3,5 mg besi, 10020 mcg karoten, 164 mg vitamin A, B, dan C, serta 81 g air.

Namun hati-hati! dibalik manfaatnya yang begitu banyak, ternyata apabila kita terlalu banyak mengkonsumsi Daun katuk ada beberapa kendala bahaya seperti : “Apabila kita mengkonsumsi 150g jus Daun katuk mentah selama 2 minggu sampai 7 bulan, maka akan terjadi sulit tidur, tidak enak makan bahkan sampai sesak nafas.” Untuk itu dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi daun katuk.

Bahkan menurut beberapa penelitian bahwa terlalu banyak mengkonsumsi Daun katuk dapat terjadi kelainan paru-paru seperti bronkiolitis yang permanen.

Saya anjurkan, sebelum mengkonsumsi Daun katuk lebih baik di rebus terlebih dahulu untuk menghilangkan sifat anti protozoa yang artinya adalah membunuh racun yang terkandung di Daun katuk tersebut. Sedangkan  maksimal mengkonsumi Daun katuk ini adalah  50 g per hari.

Berikut beberapa ramuan yang digunakan dengan menggunakan bahan daun katuk:

1. Borok atau bisul

Siapkan segenggam daun katuk, lalu cuci dan lumatkan, tempelkan lumatan Daun katuk pada kulit yang terkena borok.

2.  Sembelit atau susah buang air besar/kecil

Siapkan 200 gr Daun katuk yang sudah bersih, rebus dengan segelas air kurang lebih 10 menit, kemudian saring. Minum air hasil saringan tersebut secara teratur 2 kali sehari masing-masing 100 m

3. Kurang ASI

Siapkan 100 gr Daun katuk yang sudah bersih, rebus dengan segelas air hingga tersisa setengah gelas, saring lalu minum air saringan tersebut secara teratur 2 kali sehari, berhenti apabila ASI sudah banyak.

4.  Frambusia atau penyakit kulit

Siapkan seperempat Daun katuk yang telah dicuci bersih lalu giling sampai halus. Tambahkan seperempat gelas air masak dan sedikit garam, aduk sampai rata, lalu peras dan saring. Air perasannya diminum dan ampasnya di gosokan kebagian badan yang terkena Frambusia atau penyakit kulit. Lakukan 2 kali sehari hingga sembuh.

Selain untuk pengobatan, Daun katuk juga memiliki manfaat yang lain seperti pewarna alami bahkan menurut Urip Santoso yang dilansir dari Dialog di BTV (Bengkulu TV) bahwa Daun katuk ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol pada daging dan telur, meningkatkan produksi telur pada ayam, menurunkan suhu tubuh pada kelinci dan ayam, meningkatkan mutu daging dan telur ayam, melangsingkan tubuh, dan untuk mencegah anemia.

Siapa yang menyangka kalau Daun katuk ini ternyata lebih banyak lagi manfaatnya selain bagi tubuh kita juga untuk hewan ternak kita, Tumbuhan herbal memang luar biasa!, Anda punya tips lainnya dari bahan dasar Daun katuk ini?

(Posted By Sovian Choeruman)

Sumber : Smallcrab.com | UripSantoso | NusaInda | TokoMarwa.com

Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

BACA JUGA :………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………..

More at : HERBALIST
Kontak Saya

About these ads

About So Chen

Weddingku Magazine of Art Photography Office : Kmp. Mengger RT.02 RW.04 Ds. Rancatungku, Pameungpeuk - Bandung 40376 Phone : 087722539267| Website: www.weddingkumagazine.web.id | Email : weddingkumagazine@yahoo.com | Follow Us on Twitter : @TweetWeddingku

Diskusi

7 thoughts on “DAUN KATUK, ADA MANFAAT DAN BAHAYANYA?

  1. terima kasih inform nya sngat bermanfaat sekali.
    aku minta saran dong menu makanan apa yg bermanfaat untuk ibu menyusui,tlong balas,,,,,!!!!

    Posted by mike | 26 Juni 2014, 13:01
  2. mantao

    Posted by najwa | 3 Juni 2014, 13:13
  3. terima kasih banyak informasinya

    Posted by tiraimagnetmurah | 10 Desember 2013, 16:47
  4. pengalaman waktu istri saya menyusui memang kalau makan daun katuk asi nya jadi sangat banyak.

    Posted by salwasalma | 4 November 2011, 23:25
  5. saya juga tahunya untuk meningkatkan atau melancarkan ASI,
    itupun dikasih tau orang tua-orang tua,
    supaya ASI nya lancar…

    Posted by isdiyanto | 15 September 2010, 21:23
  6. wah baru tahu saya kalau daun katuk ternyata mempunyai banyak sekali manfaat, saya tahu nya kalau daun katuk itu cuma sebagai pelancar ASI saja……saya juag suka makan sayur daun katuk……

    ternyata daun katuk bisa juga untuk mengobati berbagai penyakit pula……sungguh besar ciptaan Tuhan, dan Tuhan telah menciptakan semua tumbuhan dengan memiliki manfaatnya masing-masing dan berguna bagi manusia………

    Bali Villa Bali Villas Bali Property

    Posted by Bali Wedding | 4 September 2010, 12:38

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Dunia Tidak Selebar Daun Kelor | AuraLand - 20 Mei 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: