==>>
Anda Membaca...
Berita, Rehabilitas, Tips

SAKIT MATA YANG MENGGANGGU


Datangnya musim kemarau, datangnya juga penyakit baru…

Kalau musim hujan kemarin kita dihadapkan dengan berbagai penyakit seperti diare, flu atau penyakit-penyakit lainnya yang berhubungan dengan air, di musim kemarau ini penyakit lain datang seperti, batuk, penyakit kulit, penyakit mata dan penyakit-penyakit lainnya yang berhubungan dengan debu.

Kali ini Saya akan sedikit share dengan teman-teman pecinta Obat herbal semua mengenai penyakit yang Saya alami di musim pancaroba ini.

Penyakit itu adalah penyakit mata yang sangat mengganggu aktifitas Saya sehari-hari, namun apa mau dikata penyakit sudah datang, tak ada yang bisa Saya lakukan selain mengobatinya.

Sebelum Saya membahas obat herbal untuk sakit mata ini, izinkan saya untuk membagikan kepada Anda ilmu tentang penyakit mata tersebut.

SAKIT MATA DAPAT MENULAR LEWAT TATAPAN ADALAH ANTARA MITOS DAN KENYATAAN?

Masyarakat sekitar kita masih banyak yang percaya bahwa apabila seseorang terkena penyakit mata maka jangan berani menatap matanya karena orang yang menatapnya akan tertular penyakit mata tersebut.

Dan survey membuktikan, bahwa orang yang menatap langsung dengan orang yang sedang terkena penyakit mata, maka beberapa hari kemudian orang tersebut terkena juga penyakit mata…

Sebetulnya apa yang dikatakan orang tua kepada kita ada benarnya agar tidak menatap mata orang yang sedang terkena penyakit mata, maksudnya adalah agar kita jangan dekat-dekat orang yang sedang terkena penyakit mata (mata merah)tersebut,  karena memang penyakit mata itu menular baik melalui udara ataupun benda-benda yang dipegang oleh si penderita.

8 JENIS PENYAKIT MATA DAN PENANGANANNYA

Namun tidak semua penyakit mata itu menular, menurut Dr. Tjahjono Darminto Gondhowiardjo, Ph.D. ada 8 jenis penyakit mata yang kerap menyerang kepada kita yaitu:

1. KONJUNGTIVITIS (MENULAR)

Adalah iritasi/peradangan akibat infeksi pada bagian selaput yang melapisi mata. Gejalanya mata memerah, terasa nyeri, berair, gatal, keluar kotoran (belekan), dan penglihatan (kabur). Penyakit yang mudah menular dan bisa berlangsung hingga berbulan-bulan ini disebabkan beberapa faktor, seperti infeksi virus atau bakteri, alergi (debu, serbuk, bulu, angin, atau asap), penggunaan lensa kontak yang kurang bersih, dan pemakaian lensa kontak jangka panjang.

Bayi juga dapat menderita penyakit serupa. Hanya saja penyebabnya lebih karena infeksi yang timbul ketika melewati jalan lahir. Lantaran itulah, pada bayi penyakit ini disebut konjungtivitis gonokokal. Seperti diketahui, jalan lahir tidaklah steril dari kuman tertentu yang mungkin bisa menimbulkan infeksi.

Nah, saat bayi lahir melewati jalan lahir (vagina), ia tentu akan terpapar kuman yang ada di lokasi itu. Jika mengenai mata bisa mengakibatkan infeksi pada mata dengan gejala mata merah dan belekan. Oleh karena itu, pada umumnya mata bayi baru lahir akan ditetesi obat mata atau salep antibiotika untuk mematikan bakteri yang dapat menyebabkan konjungtivitis gonokokal.

Penanganan:

  • Kompres mata dengan air hangat.
  • Gunakan obat tetes mata atau salep antibiotika sesuai resep dokter. Biasanya penderita juga diberi tablet atau suntikan untuk mengurangi iritasi dan gatal pada mata.
  • Bersihkan tangan sebelum mengoleskan salep agar tak menimbulkan iritasi lebih parah.
  • Usahakan agar penyakit ini tidak menyebar pada orang lain, misalnya memisahkan alat-alat yang digunakan dan tidak digunakan oleh orang lain.

2. KERATOKONJUNGTIVITAS VERNALIS (KV)

Adalah iritasi/peradangan pada bagian kornea (selaput bening) akibat alergi sehingga menimbulkan rasa sakit. Gejalanya: mata merah, berair, gatal, kelopak mata bengkak, dan terjadi kotoran mata (belekan). Perlu diketahui KV merupakan peradangan yang berulang alias musiman dan penderitanya cenderung kambuh terutama pada musim panas. Terkadang penderita KV mengalami kerusakan pada sebagian kecil kornea yang menyebabkan nyeri yang akut.

Penanganan:

  • Jangan menyentuh atau menggosok bagian mata karena bisa menyebabkan iritasi
  • Mata dikompres dengan air hangat.
  • Dokter biasanya akan memberikan obat tetes mata.

3. ENDOFTALMITIS

Merupakan infeksi yang terjadi di lapisan mata bagian dalam sehingga bola mata bernanah. Gejalanya berupa mata merah, nyeri, bahkan sampai mengalami gangguan penglihatan. Biasanya terjadi karena mata anak tertusuk sesuatu seperti lidi atau benda tajam lainnya. Infeksi ini cukup berat sehingga harus segera ditangani karena bisa menimbulkan kebutaan.

Penanganan:

  • Dokter mata biasanya memberikan obat antibiotika.
  • Untuk mengeluarkan nanah yang berada di bola mata, penderita harus menjalani pembedahan.

4. SELULITIS ORBITALIS (SO)

Yaitu peradangan pada jaringan di sekitar bola mata. Gejalanya berupa mata merah, nyeri, kelopak mata bengkak, bola mata menonjol dan bengkak, serta penderita mengalami demam. SO pada anak-anak sering terjadi akibat cedera mata, infeksi sinus atau infeksi yang berasal dari gigi. Diagnosa pasti dapat ditegakkan melalui rontgen gigi dan mulut atau CT Scan sinus. SO yang tak segera ditangani bisa berakibat fatal, seperti kebutaan, infeksi otak atau pembekuan darah di otak.

Penanganan:

  • Untuk kasus yang tergolong ringan dapat diberikan antibiotika secara oral.
  • Pada kasus berat diberikan antibiotika melalui pembuluh darah atau bahkan pembedahan untuk mengeluarkan nanah ataupun mengeringkan sinus yang terinfeksi.

5. TRAKOMA (MENULAR)

Adalah infeksi pada mata yang disebabkan bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri ini berkembang biak di lingkungan yang kotor atau bersanitasi buruk. Lantaran itulah, trakoma sering menyerang anak-anak, terutama di berbagai negara berkembang. Pemaparan bakteri berlangsung saat anak menggunakan alat atau benda yang sudah tercemari Chlamydia seperti sapu tangan atau handuk.

Gejala trakoma adalah mata merah, mengeluarkan kotoran (belekan), pembengkakan kelopak mata dan kelenjar getah bening, serta kornea kelihatan keruh. Penyakit ini sangat menular.

Penanganan:

  • Jauhkan alat/benda yang sudah dipakai penderita dari anggota keluarga yang lain.
  • Penderita biasanya akan diberi salep antibiotika yang mengandung tetracycline dan erythromycin selama sekitar satu bulan bahkan bisa lebih.
  • Jika tak segera ditangani dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut di kornea sehingga menyebabkan bulu mata melipat ke dalam dan terjadilah gangguan penglihatan.
  • Jika terjadi kelainan bentuk pada kelopak mata atau kornea kemungkinan perlu dilakukan tindakan pembedahan.

6. BLEFARITIS

Di bagian bola mata terdapat lapisan air mata yang berfungi melindungi bola mata dari iritasi. Lapisan yang sangat halus ini terdiri atas tiga kelenjar, yaitu kelenjar minyak, air dan lendir. Nah, blefaritis adalah suatu peradangan pada kelopak mata karena terjadinya produksi minyak yang berlebihan yang berasal dari kelenjar minyak tersebut. Tidak diketahui persis mengapa produksi minyak bisa menjadi berlebihan. Sayangnya kelebihan minyak ini ada di dekat kelopak mata yang juga sering didatangi bakteri.

Gejala blefaritis berupa mata merah, nyeri, panas, gatal, berair, ada luka di bagian kelopak mata dan membengkak. Pada beberapa kasus sampai terjadi kerontokan bulu mata. Ada dua jenis blefaritis yaitu blefaritis anterior dan blefaritis posterior. Yang pertama merupakan peradangan di kelopak mata bagian luar depan yaitu di tempat melekatnya bulu mata. Penyebabnya adalah bakteri stafilokokus. Yang kedua adalah peradangan di kelopak mata bagian dalam, yaitu bagian kelopak mata yang bersentuhan dengan mata. Penyebabnya adalah kelainan pada kelenjar minyak.

Penanganan:

  • Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan cara sering membersihkan sekitar kelopak mata untuk mengangkat minyak. Ada sejenis pembersih khusus yang bisa digunakan.
  • Untuk membunuh bakteri digunakan salep antibiotika seperti erythromycin atau sulfacetamide. Bisa juga dengan obat antibiotika oral seperti tetracycline.

7. DAKRIOSISTITIS

Penyebab dakriosistitis adalah penyumbatan yang terjadi pada duktus nasolakrimalis yaitu saluran yang mengalirkan air mata ke hidung. Faktor alergilah yang menyebabkan terjadinya sumbatan pada saluran tersebut. Akibatnya adalah infeksi di sekitar kantung air mata yang menimbulkan nyeri, warna merah dan bengkak, bahkan bisa sampai mengeluarkan nanah dan penderita mengalami demam.

Infeksi yang ringan biasanya akan cepat sembuh walau tetap ada pembengkakan. Sementara yang tergolong parah dapat menyebabkan kemerahan dan penebalan di atas kantung air mata. Jika terus berlanjut akan terbentuk kantung nanah.

Penanganan:

  • Dengan cara pemberian antibiotika oral atau melalui pembuluh darah.
  • Bisa dilakukan pengompresan dengan air hangat di sekitar kantung air mata
  • Jika terjadi kantung nanah maka harus dilakukan pembedahan.

8. ULKUS KORNEA (UK)

Adalah infeksi pada kornea bagian luar. Biasanya terjadi karena jamur, virus, protozoa atau karena beberapa jenis bakteri, seperti stafilokokus, pseudomonas atau pneumokokus. Penyebab awal bisa karena mata kelilipan atau tertusuk benda asing. UK terkadang terjadi di seluruh permukaan kornea sampai ke bagian dalam dan belakang kornea. UK yang memburuk dapat menyebabkan komplikasi infeksi di bagian kornea yang lebih dalam, perforasi kornea (terjadi lubang), kelainan letak iris (selaput pelangi) dan kerusakan mata.

Gejalanya mata merah, nyeri, gatal, berair, muncul kotoran mata, peka terhadap cahaya (photo phobia), pada bagian kornea tampak bintik nanah warna kuning keputihan, dan gangguan penglihatan.

Penanganan:

  • Penderita UK perlu melakukan berbagai pemeriksaan seperti tes refraksi, tes air mata, pengukuran kornea (keratometri), dan tes respons refleks pupil.
  • UK tingkat ringan dapat ditangani dengan obat tetes mata yang mengandung antibiotika, antivirus atau antijamur.
  • Penderita yang tergolong berat kemungkinan perlu menjalani pembedahan yaitu pencangkokan kornea.

Lalu bagaimana mengobati penyakit mata dengan menggunakan obat herbal?

Sebelumnya Saya beritahukan terlebih dahulu sebelum Anda mencobanya “ Obat dengan menggunakan media herbal (tumbuhan) ini telah Saya coba dan praktekan dengan hasil yang cukup memuaskan, namun effect dari obat ini tergantung dari penyakit yang Anda derita. Saya tidak menjamin kesembuhan Anda, karena yang memberi kesembuhan adalah Allah dan tentunya dengan usaha Anda untuk menyembuhkan penyakit Anda. Saya juga tidak bertanggung jawab jika setelah menggunakan obat ini bukan kesembuhan yang Anda alami, tapi penyakit Anda semakin parah, karena sekali lagi kesembuhan hanya milik Allah.”

Ok, Setelah Anda membaca ketentuan diatas sekarang saatnya Anda mempraktekan obat herbal di bawah ini:

  1. Ambil 3 lembar daun sirih yang sudah agak tua.
  2. Cuci daun sirih tersebut sampai bersih.
  3. Siapkan air panas ¼ gelas, dan siapkan juga pisin (piring kecil)
  4. Simpan daun sirih yang sudah bersih tersebut diatas pisin, lalu seduh dengan air panas.
  5. Di kucek sedikit daun sirih tersebut, agar cairan dalam sirih tersebut keluar.
  6. Biarkan beberapa menit sampai air tersebut hangat atau dingain.
  7. Ketika sudah hangat atau dingin, celupkan mata Anda yang sakit ke pisin yang telah berisi cairan sirih. Biarkan selama 5 detik, lalu angkat dan tengadahkan muka Anda keatas, agar cairan sirih dapat masuk ke sela-sela mata.
  8. Lakukan 3 kali sehari.

Awalnya terasa perih, namun sesudah itu perihnya akan segera hilang dan mata akan terasa lebih segar. Tidak dianjurkan untuk anak-anak dibawah 3 tahun.

Kalau Anda termasuk pecinta pengobatan secara esktrim, Saya pun akan memberikan untuk Anda beberapa Tips pengobatan yang sampai sekarang masih dilakukan oleh masyarakat, terutama masyarakat perkampungan/pedalaman. Namun kalau Anda ragu lebih baik jangan dech…. Karena tidak terbukti secara ilmiah!

  1. Dengan menggunakan ludah bari (ludah pertama kali Anda bangun pagi), oleskan ludah bari Anda ke mata yang sedang sakit.
  2. Menggunakan tai upil (kotoran telinga), ketika bangun tidur oleskan mata anda dengan kotoran telingan Anda.
  3. Menggunakan air kencing pagi, usap muka Anda dengan air kencing pertama Anda pada pagi hari.

Hehehe…. Kalau yang diatas sih, Saya tidak rekomendasikan, namun masyarakat masih banyak yang menggunakan oabt-obat jorok tersebut dan terbukti ampuh. Tanyakan saja pada orang tua Anda, apakah mereka masih memakai obat alternatif tersebut…hihihi! :D  (Original by Sochen)

Apabila Anda ingin obat herbal yang lebih manjur lagi, tanpa repot mencari bahan-bahannya, karena semuanya sudah tinggal siap pakai, silahkan anda cari obat sakit mata di www.roasehat.com belanja disana melalui link Saya, Anda akan mendapatkan harga spesial. (Original by Sochen)

Sumber : http://www.mail-archive.com


DOWNLOAD VERSI E-BOOK

Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

Berita Terkait : ………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………..

More at :REHABILITAS
Kontak Saya

About these ads

About So Chen

Weddingku Magazine of Art Photography Office : Kmp. Mengger RT.02 RW.04 Ds. Rancatungku, Pameungpeuk - Bandung 40376 Phone : 087722539267| Website: www.weddingkumagazine.web.id | Email : weddingkumagazine@yahoo.com | Follow Us on Twitter : @TweetWeddingku

Diskusi

33 thoughts on “SAKIT MATA YANG MENGGANGGU

  1. mata sering kluar belekan,trus suka merah tapi sebelah saja dibagian kanannya,dlu prnah ada bintik dipinggir mata yg hitam ktanya ada lemak gtu,itu kenapa ya?

    Posted by fnm | 30 Agustus 2014, 16:06
  2. wah info yang bermanfaat
    trima kasih ya gan…

    Posted by jualanteknik | 26 Juni 2014, 01:05
  3. mata saya minus ,sya tdk tau mata saya sblah kanan.merah,dan bergumpal bintik putih kekuningan.bgaimana menanganiya ka.thanks

    Posted by arga | 6 Januari 2014, 20:25
  4. Istri saya di vonis dokter ada bakteri dan nanah dibawah kornea matanya, sudah diberikan obat oral dan tetes mata setiap jamnya ada 3 macam tetes matanya, mohon penjelasan apakah bisa disembuhkan mata istri saya ataukah perlu memang diharuskan untuk cangkok kornea mata???…Mohon penjelasannya Trimakasih

    Posted by bambang | 19 Juni 2013, 10:35
  5. Assalaamualaikum ww..
    saya raynal d pdg,
    sudah 2 tahun ini saya merasa trganggu dgn penglihatan saya yg berkunang2 dan banyak bintik2 hitam yg berterbangan kemana arah yg saya lihat. dan skrg bintik2 hitam itu sudah semakin jelas. mohon solusinya,, saya takut ini akan mebahayakan mata saya.
    mohon jawabannya terimakasih..:'(

    Posted by Raeynal aguero | 5 Januari 2013, 18:02
  6. selamat pagi, saya ada masalah dengan mata saya sudah 5 hari mata saya terasa gatal dan seperti ada kotoran tapi setelah saya melihat dikaca tidak ada apa2, mata berair.saya sering menguceknya karena sangat gatal setelah dikucek mata saya menjadi merah dan nyeri.
    kira-kira mata saya kenapa ya? bagaimana cara mengobatinya,
    terima kasih

    Posted by finda | 12 Agustus 2012, 08:10
    • lebih baik langsung diperiksa ke doktor spesialis mata… banyak sekali indikasi yg dapat menyebabkan mata gatal2 atau perih, diantaranya karena kurangnya cairan ‘pelumas mata’… untuk P3K Anda bisa coba dengan daun sirih, lihat caranya diatas! :)
      semoga cepat sembuh ya!

      Posted by So Chen | 13 Agustus 2012, 08:57
  7. mata sebelah kiri merah serta sakit sekali dan menyerang leher hingga kepala. saya sdh kedokter spesialis mata dan dikasi obat LFX dan Lubricen. sdh 3hari saya gunakan tapi semakin sakit rasanya. bagaimana ya?

    Posted by herman | 5 Agustus 2012, 03:33
  8. .gmn cara mengatasi mata kabur.

    Posted by bfc agung produktion | 24 Mei 2012, 19:25
  9. mata saya…nyeri dan sakit kalo saya liat gak ada tanda-tanda yang mencurigakan cuma mata saya terasa nyeri n sakit j…………….tolong bantuanya ya………..bagaimana solusinya

    Posted by Megan Foks | 29 Maret 2012, 13:15
    • cobalah cuci muka sebelum tidur, dan lakukan terapi degan menggunakan ketimun yaitu:
      iris tipis ketimun lalu tempelkan ke mata beberapa menit, jika irisan ketimun sudah terasa agak hangat, ganti dengan irisan yg lainnya… terapi ini untuk menyegarkan mata Anda…

      mudah2an membantu :)

      Posted by WM | 29 Maret 2012, 13:45
  10. akhir akhir ini mata saya menjadi kabur dan sering ber kunang kunang.Dan saya selalu melihat bintik bintik hitam melayang layang ketika melihat langit.
    saya sudah pergi ke spesialis mata dan di berikan suatu obat , tapi hasilnya nihil.
    tolong kasih sarannya.
    terima kasih.

    Posted by Bintang | 27 Februari 2012, 14:49
    • Apakah Anda sudah periksa tensi darah Anda?..karena biasanya jika Anda seperti melihat bintik2 atau berkunang-kunang mungkin karena asupan darah yang kurang…. lalu obat yang diberikan dokter tersebut apakah obat tetes atau oral? jika obat tetes memang sepertinya hal ini tidak akan dapat menyembuhkan…

      jika ternyata tensi darah Anda memang kurang, perbanyak makan lalapan daun singkong/pepaya, antanan… atau perbanyak makan buah2an seperti apel & jeruk, maaf jika saya tidak dapat banyak membantu, semoga dengan sedikit tips diatas dapat mengurangi penyakit Anda, semoga bermanfaat.

      Posted by WM | 27 Februari 2012, 17:41
  11. numpang tanya pak. ibu saya sakit mata baru sehari, menurut beliau seperti ada pasir dalam matanya. saya sendiri melihat secara fiksik mata beliau bengkak, keluar air mata terus menerus dan beliau seperti pilek tidak berhenti. kira2 jenis penyakit mata apa yang dideritanya yah, dan bagaimana mengatasinya. terima kasih sebelumnya.

    Posted by Erni | 24 Januari 2012, 11:41
    • mungkin itu karena iritasi saja karena kekurangan cairan pada mata sehingga terasa kesat (seperti ada pasir), mata bisa bengkak jika ibu Anda menggesek-gesek matanya (biasanya secara naluri kita akan langsung menggesek mata ketika ada benda yang masuk kedalam mata).

      Jika ibu Anda seperri pilek dikarenakan penyakit pada mata itu biasa…itu biasanya terjadi jika terlalu banyak air mata yang keluar (seperti menangis terkadang kita juga sering diikuti dengan ‘inngus’ seperti pilek).

      Jika pengoabtan herbal (baca artikel diatas) tidak mampu mengobati mata Ibu Anda, saya sarankan segera mendatangi dokter spesialis mata untuk diperiksa. terima kasih.

      Posted by Sovian Choeruman | 24 Januari 2012, 12:46
  12. anak saya umur 2 thn 4 bln skg matanya bengkak dikelopak mata, sekitar 2 minggu yang lalu sdh saya ke dokter anak trs dikasih resep 2 buah tetes mata yang satu di tetes 4x sehari yang satunya 6x sehari skg sudah mengecil tetapi 2hr ini timbul warna biru dikelopak mata anak saya kira2-kira kenapa trs berbahaya tidak, tks mohon dijawab

    Posted by Iman jaya | 1 November 2011, 14:51
    • warna biru tersebut bisa saja bekas lebam, karena yang tadinya mata membengkak, kini mata tersebut mulai kembali seperti semula sehingga kulit kelopak harus kembali menyesuaikan agar tidak terjadi pengerutan…….jika warna biru tersebut adalah karena lebam, mungkin dalam beberapa minggu akan hilang dengan sendirinya dan tentu saja ini tidak berbahaya….

      Namun Bapa juga harus tetap hati2, bisa saja warna biru pada kelopak mata itu dikarenakan penyakit yang dinamakan hemangioma, namun tanda-tandanya adalah warna biru tersebut agak menonjol atau tidak rata dan kadang membesar saat anak menangis..

      Hemangioma biasanya akan menghilang sendiri atau regresi dalam waktu beberapa tahun. Tidak diperlukan tindakan atau pemeriksaan khusus yang dilakukan. Kontrol saja ke dokter mata sebelumnya agar bisa dievaluasi progresivitasnya.

      semoga membantu….

      Posted by Sovian Choeruman | 2 November 2011, 15:30
  13. mu tanya klo sya bngn tdr suka gak ada beleknya apa mungkin kotorannya gak keluar soalnya setelah itu mata sering terasa gatal,!

    Posted by halil | 8 Agustus 2011, 04:20
    • Enggak juga… mungkin saja kotoran mata Anda keluar melalui air mata, karena kotoran tersebut tidak selalu menjadi ‘belek’.

      Jika mata Anda sering gatal Anda dapat mencoba pengobatan alternatif dengan buah ketimun…
      caranya: iris tipis buah ketimun lalu tempelkan pada mata Anda beberapa menit…Insya Allah mata akan terasa segar kembali dan rasa gatal berangsur-angsur akan hilang….

      Semoga membantu..

      Posted by sochen | 10 Agustus 2011, 12:37
  14. saya sering sekali mengalami sakit mata, kelopak mata bengkak dan perih sudah 7 kali dan bergantian di mata kanan dan kiri. Pd sakit pertama mata saya bengkak besar dan hampir menutup bola mata.pada kedua dan seterusnya bengkak di kelopak.tiap dipakai nunduk n sujud sakit sekali. saya sudah kompres dengan daun sirih, abu panas bahkan sesuatu yang serba panas.tp hasilnya nihil. saya jg sdh periksa di dokter mata rmh sakit daerah dan di RS spesialis mata dan mereka mengatakan saya alergi telur,kacang, es krim, kulit ayam dan yang berprotein tinggi. mereka menyarankan saya utk operasi. Kira2 selain operasi ada obat herbal utk mengobatinya tdk? Trs utk opersi kira2 biayanya brp?

    Posted by reny | 25 Mei 2011, 21:40
    • Maaf Mbak Reny, kalau Mbak pernah memakai beebrapa obat herbal namun tidak juga sembuh kemungkinan penyakit mata Anda sudah akut dan harus segera di operasi….Untuk biaya operasi saya kurang tahu, namun jika Anda tidak punya biaya untuk operasi Anda bisa menggunakan “GAKINDA” yang sebelumnya harus dibuat terlebih dahulu dengan pernyataan Anda tidak mampu membiayai operasi tersebut..

      Anda bisa tanyakan masalah GAKINDA ini di Puskesmas terdekat atau tanyakan pada kader di daerah Anda.

      Posted by Sovian Choeruman | 2 November 2011, 16:28
  15. mata saya yg sblh kanan muncul benjolan kcil d kelopakx, sdh 3minggu blm kempes, ni baikx dksh obt apa

    Posted by andi | 3 April 2011, 19:48
  16. saya sakit mata kanan dan kiri, kelopak mata atas dan bawah merah, gatal, bengkak klo bangun tidur belekan tapi sedikit.setiap dikasih obat mata tetes(cendo) perih sekali seperti ditusuk2. klo mw sujud mata sakit terasa berat saya ga berani mnum obat karena posisi saya lagi hamil 2bln.tolong bantu kira2 obatnya apa ya?

    Posted by pitri | 25 Februari 2011, 14:09
    • mungkin penyakit mata yg anda derita karena iritasi, coba lihat tips sy di atas untuk obat herbal dengan menggunakan daun sirih, sy pernah coba dan hasilnya cukup memuaskan..beberapa kali penetesan sakit mata sy berangsur hilang

      Posted by Sovian Choeruman | 28 Februari 2011, 09:29
  17. saya ada masalah…
    kelopak mata saya bengkak dan agak perih dibagian bulu mata atas
    setelah saya melentikkan bulu mata di salon

    kira2 bagaiman mengatasi masalah tersebut???

    Posted by fitry | 29 Agustus 2010, 13:52
    • Ibu Fitry, pembengkakan pada kelopak mata bisa diakibatkan karena terjadinya infeksi pada bagian kelenjar Meibom. ini terjadi karena mungkin alat yang digunakan untuk melentikan bulu mata Anda kurang steril, atau mungkin sebelumnya memang sudah terdapat tanda-tanda seperti mata gatal-gatal.

      Apabila bengkakan di kelopak mata Anda belum terlalu parah Anda bisa mengkompresnya dengan air hangat, namun apabila bengkakan tersebut sudah membesar maka saran saya adalah segera berobat kedokter mata, karena kalau dibiarkan bisa berbahaya.

      Biasanya dokter akan memberikan antibiotik yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme darah putih dan menyeimbangkan lemak di kelopak mata Anda. Kalau bisa jangan dulu pakai jenis salep karena kurang efektif.

      Kurangi makan telur dan susu, karena telur dan susu terkadang membuat metabolisme lemak menjadi tidak benar, kalau sudah sembuh silahkan konsumsi kembali.

      Semoga bermanfaat ya Bu:)

      Posted by Sovian Choeruman | 29 Agustus 2010, 22:59
  18. saya juga sakit mata tapi gak tau ni jenis yang mana. Ada nyeri seperti linu alias ngilu di alis sebelah kanan. kalo dipake jongkok atau sujud sangat sakit sekali, tapi bagian mata biasa” tidak merah. tapi klo dibuat merem sakit langsung timbul. Ni knp yaaa???

    Posted by Erly Nae | 13 Agustus 2010, 23:22
    • Apakah penglihatan mata bagian kanan Anda buram (tidak fokus)?, kalau iya! saya khawatir terjadi glaukoma (terjadinya cairan mata yang berlebihan) silahkan Anda baca di http://www.oocities.com namun Anda tidak perlu khawatir apabila penglihatan Anda masih normal.

      Anda boleh mencoba ramuan diatas dan tidak perlu takut, karena ramuan tersebut tidak mengandung efek samping kecuali yang ekstrim :D (saya tidak rekomendasikan), namun Apabila Anda memang tidak berani mencoba ramuan tersebut, lebih baik konsultasikan ke dokter mata sesegera mungkin!

      Semoga bermanfaat!

      Posted by Sochen | 14 Agustus 2010, 08:50
  19. pake minum antibiotik seperti amoxicilin ga yah ?

    Posted by Lina Marliana | 20 Juni 2010, 06:38
    • minum anti biotix boleh-boleh saja, tapi jangan kelebihan dosis karena berbahaya untuk kesehatan ini disebabkan ketika kita terlalu banyak mengkonsumsi antibiotik, bakteri/kuman yang berada dalam tubuh kuta akan kebal.
      kalo untuk penyakit mata rasanya mending pake oabat-obatan herbal, misalnya menggunakan air daun sirih ,..

      Posted by sovian | 21 Juni 2010, 09:40
  20. Oww gituu, makasih ya bro, numpang baca ya..

    Posted by orisogi | 22 April 2010, 19:49

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: