==>>
Anda Membaca...
Rehabilitas, Tips

Beribu Manfaat Pisang


Allah tidak menciptakan sesuatu tanpa ada manfaatnya untuk kita dan semua mahluk yang ada di dunia ini, juga dijadikan renungan tentang keagunganNya yang menguasai Alam Semesta ini.

Pisang (Musa Paradisiaca L.) atau dalam bahasa daerah sering disebut dengan cau, gedang (jawa), galuh, gaol, puntik, pusi (sumatra), harias, peti (kalimantan), tagin, see, pepe, uti (sulawesi), nando, pipi, mayu (Irian).

Tentu saja pisang ini termasuk ke dalam menu pavorit saya karena yakin andapun suka dengan buah pisang ini, kalau nggak suka rugi? :)

Pisang umumnya termasuk kedalam tanaman di pekarangan, namun kini banyak orang yang menjadikan tanaman pisang ini sebagai tanaman kebun karena selain memiliki dampak ekonomi  yaitu dijual buahnya juga tanaman pisang ini memiliki banyak khasiat dan manfaatnya.

Tanaman pisang hanya berbuah sekali selama hidupnya setelah itu mati, karena pisang tidak termasuk kedalam buah musiman, buah pisang selalu ada setiap saat.

Ada dua jenis pisang yang terkenal di Indonesia yaitu :

  1. Musa Sapientum (banana) , yang termasuk kedalam jenis ini misalnya pisang ambon, ambon lumut, raja, raja sereh, mas, susu, dan barangan. Buah jenis ini lebih enak dimakan langsung ketika segar.
  2. dan Musa Paradisiaca (plantain), Yang termasuk ke dalam jenis Musa Paradisiaca misalnya pisang tanduk, oli, nangka, kapas, batu, dan kepok. Pisang jenis ini akan lebih enak bila dimakan setelah di olah seperti di kolak, dikukus, atau diolah menjadi pisang selai, keripik atau tepung pisang.

Selain buahnya bagian lain dari pohon pisang sangat banyak manfaatnya seperti:

-          Daun : untuk pembungkus makanan, pembungkus nasi timbelagar makanan menjadi lebih harum, untuk pembungkus pepesan dan yang lainnya.

-          Batang/badan pisang: Wayang golek memakai batang/badan pisang sebagai tempat untuk berpijak para wayang. Di beberapa tempat dapat digunakan sebagai rakit yaitu dengan mengikat beberapa batang pisang, karena pisang ini dapat mengambang di air. Selain itu batang pisang sering digunakan untuk acara panjat pinang (kalau yang ini namanya panjat pisang hehe!) karena batangnya yang licin.

-          Serat Batang yang kering: Bisa digunakan sebagai tali

-          Jantung: dapat di olah menjadi sayur jantung pisang, kalau cara mengolahnya saya kurang tahu hehe :D ….

ada yang tahu manfaat lain dari pohon pisang nggak?

Lalu adakah manfaat buah pisang untuk kesehatan?

Karena sifatnya yang dingin, buah pisang dapat membantu Melumas (lubricate) usus, penawar racun, penurun panas (antipiretik), antiradang, peluruh kencing (diuretik), dan laksatif ringan.. Oleh karena itu, buah digunakan untuk mengatasi berak darah, batuk darah, diare, disentri, tukak lambung (buah muda), kurang darah (anemia), panas (disertai sukar buang air besar, rasa haus dan lemah), alergi tepung padi-padian, kulit muka kering, sariawan, menghaluskan kulit tangan dan kaki, sembelit (konstipasi), wasir (hemoroid), tekanan darah tinggi (hipertensi), dan keracunan alkohol kronik (alkoholisme).

Selain buahnya, akar pisang juga berkhasiat sebagai penawar racun, pereda demam (antipiretik), mendinginkan darah, anti radang, dan peluruh kencing. Oleh karena itu, akar pisang digunakan untuk mengatasi sesak napas (asma), air kemih (urin) yang mengandung darah, dan penyakit kulit.

Bunga piang dapat digunakan untuk mencegah pendarahan otak dan stroke. Hati batang pisang berkhasiat sebagai penurun panas dan perawatan rambut.

cairan dari bonggol pisang digunakan untuk mengatasi berak darah karena panas dalam, disentri, diare, wasiir berdarah, pendarahan setelah melahirkan (perdarahan nifas), pembersihan sehabis melahirkan, penghitam dan pencegah rambut rontok, radang ginjal, sifilis, serta digigit ular berbisa.

Daun piang yang masih tergulung dapat digunakan untuk tapal dingin pada kulit yang bengkak atau lecet, disentri, haid terlalu banyak, mimisan dan perdarahan lainnya, radang tenggorok, radang otak (epidemic encephalitis), keputihan (leukore), batuk, sakit dada seperti bronkhitis, dan rambut tipis.

Kulit pisang digunakan untuk mengatasi borok yang menyerupai kanker, kelainan kulit pada herpes, ulkus di tungkai pada penyakit diabetes militus, kutil (wart), migrain, hipertensi sekunder, rambut tipis dan jarang, luka bakar, tersiram air panas, dan kemerahan pada kulit (rash).

dibawah ini beberapa cara meramu pisang untuk obat hebral:

Untuk pemakaian luar, gunakan hati batang pisang untuk obat luka baru, daun pisang muda untuk menyejukkan penderita demam, mata terasa panas, dan luka bakar, serta cairan bonggol untuk penyubur rambut. giling halus daun, akar, atau bonggol pisang yang segar, lalu turapkan pada kelainan, seperti bisul, radang kulit bernanah (piodermi), radang telinga, luka bakar, dan bengkak.

Untuk minum, gunakan tepung pisang sebanyak 1-2 sendok makan sebelum makan dan pada saat mau tidur.

-          Penyubur rambut. Untuk rambut yang halus dan kemerahan, keramaslah dengan shampo yang dibuat sendiri. Caranya, jemur kulit pisang mas sebanyak 5 buah sampai kering, lalu buat jadi serbuk. Tambahkan satu butir telur ayam yang diambil kuningnya saja dan secangkir air bersih, sambil diaduk merata. Gunakan untuk keramas, lalu bilas dengan air bersih.

-          Sariawan. Kupas kulit tiga buah pisang klutuk yang telah masak, lalu tmbahkan tiga buah pisang klutuk mentah beserta kulitnya yang dipotong kecil-kecil. Giling semuanya sampai lumat. Campurkan dengan 1 buah mengkudu yang juga sudah digiling halus. Peras dan saring campuran tadi, lalu embunkan semalaman. Keesokan paginya, minum habis cairan tadi. lakukan setiap hari sampai sembuh.

mungkin itu beberapa dari manfaat pisang kalau ada yang kurang silahkan ditambahkan, semoga bermanfaat!

Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

Bookmark and Share

Berita Terkait : ………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………..

More at : HERBALIST
Kontak Saya

About these ads

About So Chen

Weddingku Magazine of Art Photography Office : Kmp. Mengger RT.02 RW.04 Ds. Rancatungku, Pameungpeuk - Bandung 40376 Phone : 087722539267| Website: www.weddingkumagazine.web.id | Email : weddingkumagazine@yahoo.com | Follow Us on Twitter : @TweetWeddingku

Diskusi

2 thoughts on “Beribu Manfaat Pisang

  1. pisang merupakan sumber mineral, dan saya menyukainya

    Posted by pulzzahut | 6 Juni 2011, 01:54
  2. wah ternyata pisang cegah asma. wah bagus nih

    Posted by dealer pulsa | 13 Januari 2011, 08:14

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: